Thursday 12 May 2016

Instagram New Design

Kemarin Instagram update lagi. Kalau smartphone kamu nggak auto update apps, bisa langsung buka Play Store (Android) atau App Store (iOS) dan update manual. Berhubung gue pake Android, gue kasih screenshot-nya Instagram for Android aja ya:

Instagram for Android version 8.0.0

Yoi. Kalau kamu jeli, pembaruan yang paling terlihat jelas di versi ini adalah icon atau logo. Sekarang icon Instagram jadi lebih banyak warna. Keren!

Nggak cuma icon yang berubah, ternyata interface timeline juga berubah:

Navigasi jadi lebih imut-imut gimana gitu. Dan warnanya jadi dominan hitam putih.

Ini screenshot tampilan yang lainnya:




As far as I can tell, interface jadi lebih smooth daripada yang dulu.

Sebenernya nggak cuma tampilan doang yang berubah. Ada beberapa fitur yang diupdate oleh Instagram di versi 7.2.1 (Android). Kalau belum tahu, gue kasih tahu nih apa aja fiturnya.

1. Turn on Post Notifications

Yap, beberapa minggu yang lalu Instagram bikin fitur "Turn on Post Notifications" untuk para user. Secara singkat, fitur ini mirip kayak "Favourite" di Facebook. Jadi, semua akun yang kita nyalain notifications-nya, setiap mereka upload poto/video, bakalan masuk ke notif kita. Gunanya? Supaya kita nggak ketinggalan post terbaru dari mereka.

Click options then turn on post notifications.

Kalau list followings kamu di bawah 100 akun, kayaknya fitur ini belum terlalu kepake. Soalnya kamu masih bisa scroll down timeline buat liat-liat postingan. Kalau list followings kamu udah di 500 lebih, kamu bisa pake fitur ini buat akun-akun yang emang postingan mereka sering kamu tunggu-tunggu. Misalnya online shop atau akun media.

2. Upload video 60s

Finally, sekarang di Instagram bisa upload video lebih dari 15 detik. Nggak tanggung-tanggung, Instagram kasih kapasitas durasi 60s! Siap-siap aja ngeliat cewek upload video selfie manyun-manyun nggak jelas tanpa ngomong apapun selama satu menit di timeline kalian, teman-teman.

Well, untuk fitur yang satu ini gue nggak tahu di Android versi Gingerbread (2.3.3) bisa atau nggak, tapi di versi JellyBean (4.2.2) udah bisa. Kalau di iOS gue nggak tahu batasan versionnya.

3. Sign in banyak akun

Ini udah pernah gue bahas di postingan sebelumnya. Jadi, karena banyak online shop dan reseller yang main di Instagram, mereka kadang males untuk sign out dan sign in dari akun personal ke akun online shop. Maka dari itu, Instagram bikin fitur supaya kita bisa sign in lebih dari satu akun. Gue nggak tahu batasannya berapa, silakan coba sendiri.

Caranya tinggal click options, scroll down, terus add account.

Selain buat online shop, ini juga berguna buat stalk mantan. Jadi kalau kamu takut nggak sengaja kepijit love waktu stalk akun mantan, bikin akun fake aja. Terus kalau mau stalk pake yang itu. Dan kalau nanti kepijit love, mantan nggak akan tahu. Luar biasa sekali, bukan?

Well, segitu aja info yang bisa gue share di Instagram versi terbaru ini. Kalau nggak mau ketinggalan update lainnya, bisa langsung subscribe blog Instagram di: blog.instagram.com

***

Anyway, buat yang nanya kenapa gue kalau upload suka pake square mode (ukuran kotak) padahal Instagram udah bisa upload potrait (panjang) dan landscape (lebar), jawabannya:

Karena di Android versi Gingerbread semua postingan Instagram bakalan auto-crop jadi square. Di kita upload potrait atau landscape, di device mereka jadinya kotak. Which mean ada beberapa bagian yang kepotong. Dan karena belum semua orang punya Android JellyBean atau versi yang lebih baru, jadinya gue bikin square mode. Supaya yang masih pake Gingerbread juga bisa liat. Gitu.

0 comments

Post a Comment