Sunday 26 July 2015

Momen Tak Terlupakan Di Sekolah

Wah, hari ini udah masuk ajaran baru 2015-2016 ya. Nggak kerasa, liburan telah berakhir. Buat temen-temen yang udah lulus dari SMP dan baru masuk SMA/SMK/Pesantren, selamat! Karena mulai hari ini, hidup kalian akan lebih berat oleh tugas-tugas yang bakal bikin mencret setiap saat! Buat temen-temen yang udah lulus dari SMA/SMK, semangat! Karena hidup kalian akan dihantui oleh pertanyaan-pertanyaan "Kapan lulus kuliah? Kapan kerja? Kapan nikah? Kapan punya anak? Kapan bisa jawab?" dan kapan-kapan lainnya. Buat temen-temen yang udah lulus dari pesantren, sekian! Iya, sekian aja. Karena gue nggak berani nakut-nakutin calon-calon ustad dan ustadzah. Heuheu.

Well, kalo ngomongin tahun ajaran, gue jadi inget sama masa-masa sekolah waktu dulu. Masa-masa di mana banyak begadang karena sibuk ngerjain tugas, masa-masa di mana sering dimarahin guru karena ketahuan pacaran sama tukang cireng di kantin, masa-masa susah tidur karena setiap malem mikirin gimana cara gantiin duit SPP yang nggak kebayar, masa-masa di mana beli pulpen hampir seminggu sekali karena ngilang mulu, masa-masa di mana nggak boleh nonton film bioskop yang 18+ karena masih pake seragam putih abu, dan masih banyak masa-masa suram yang lainnya. Tapi meskipun masa-masa sekolah gue selalu dipenuhi oleh hal-hal yang mengerikan, alhamdulilah, gue lulus.


Iya meskipun pihak dinas pendidikan sempet migren tiga bulan karena dilema mau ngelulusin gue atau enggak.

Ngg.. oke, abaikan tulisan di atas.

***

Selain masa-masa yang udah gue sebutin tadi, gue juga jadi inget sama momen-momen yang nggak bakal pernah gue lupain selama menjadi anak sekolah. Momen apa aja?

1. Cinta Lokasi

Yoi. Ini momen anak sekolah banget. Gue yakin, kita semua pasti pernah suka sama temen satu sekolah. Entah adik kelas, kakak kelas, temen sekelas, temen yang nggak naik kelas, orang yang kerjanya bersih-bersih kelas, atau mungkin orang yang suka ngajar di kelas. Tapi siapapun itu, kita juga pasti pernah ngalamin yang namanya "susah buat ngungkapin rasa itu" ke mereka. Benar bukan? Bukan.

Kita bukan susah buat ngungkapin rasa itu, tapi kita cuma nggak berani buat ngungkapinnya. Susah sih enggak, cuma ya nggak berani aja.

Gue juga pernah ngalamin hal ini, beberapa kali. Yang pertama, waktu gue suka sama Adinda, temen satu angkatan tapi beda kelas. Itu waktu gue kelas satu SMP. Tahun itu, gue cuma bisa mengagumi Adinda dari jarak jauh, dan cuma bisa komunikasi sama dia via sms. Setiap kali kami berpapasan di sekolah, gue nggak pernah berani buat nyapa dia. Yang kedua, waktu gue suka sama Veranissa. Itu waktu kelas dua SMP. Dia temen sekelas gue. Meskipun kami satu kelas, tetep aja gue nggak berani buat ngungkapin perasaan. Ujung-ujungnya dia keburu diembat orang. Temen sekelas pula. Emang kampret tuh orang.

Nah, kalo kalian lagi ngalamin hal ini sekarang, gue punya tips untuk mengatasinya. Gimana? Gampang. Kalian cukup pura-pura sibuk sendiri. Misalnya kayak orang bingung yang lagi nyari sesuatu. Lakukan hal ini ketika berada di dekat orang yang kalian suka. Kalo kalian udah keliatan pura-pura sibuk, nanti doi bakal nanya ke kalian, "Lagi ngapain sih?" terus kalian langsung jawab aja dengan pasang muka pede, "Lagi mikirin gimana caranya bisa deket sama kamu. Hehe." Kalo beruntung, doi bakal respons kalian. Kalo sial, ya paling doi langsung kabur karena merasa hidupnya mulai terancam.

2. Lupa Ngerjain PR

Ya. Udah bukan hal yang aneh kalo kita lupa ngerjain PR. Dan gue paling sering ngalamin momen ini. Tapi karena gue orangnya jago ngeles, gue punya satu kata-kata maut yang bisa bikin guru memaklumi kesalahan kita ini.

Jadi, kalo misalnya kalian lupa ngerjain PR dan temen-temen sekelas nggak mau ngasih contekan, kalian harus hapalin teks ini buat dipake ngeles pas ditanya sama guru kenapa nggak ngerjain PR. Teksnya?

"Maafkan saya atas ketidaknyamanan ini. Sebenarnya saya sangat ingin mengerjakan PR. Namun di saat kemarin saya sedang mengerjakannya, tiba-tiba ada gangguan profesional yang tidak bisa dihindari. Jujur, saya sangat antusias dengan PR ini. Tapi apa daya, Tuhan memiliki rencana lain.."

Insha Allah, itu guru bakal langsung ngajak ngaji dan baca ayat kursi satu kelas. Kegiatan belajar pun diundur minggu depan.

3. Waktu Ospek

Momen waktu ospek itu emang momen yang nggak bakal pernah dilupain. Bisa jadi karena sangat gokil dan menyenangkan, bisa juga karena sangat sumpah-apa-bangetlah-ini-ospeknya-parah. Gue sendiri waktu awal masuk ke SMK Chemica, ospeknya gokil sekaligus ngeselin.

Gokil karena banyak game seru dan temen-temen baru yang asik. Sedangkan ngeselin karena barang bawaan buat ospeknya rumit semua. Gue masih inget, waktu itu gue disuruh bawa Si Gundul Menyala Dalam Kegelapan. Itu artinya permen loli. Tapi kalian tahu apa yang gue bawa? Tepat. Gue bawa lampu neon. Gue diketawain kakak kelas habis-habisan. "Kamu ini sekolah di analis kimia, bukan di industri listrik! Hahaha!"

YA MANA GUE TAHU, ELAH!

Oke, next.

4. Nungguin Guru Dateng

Entah kalo di sekolah lain, tapi di sekolah gue sering banget gurunya telat dateng. Alasannya pun mainstream. Macet di jalan lah, ada acara mendadak lah, ada acara mendadak terus macet di jalan lah, pokoknya klasik banget. Ini nih momen yang paling gue nggak suka. Soalnya nggak adil. Bayangin aja, kalo kita telat, guru suka marah-marah. Tapi kalo guru telat? Mereka bisa ngeles seenaknya, dan mau nggak mau kita harus mengiyakan alasan mereka. Di manakah letak keadilan dalam dunia persekolahan?

Guru itu adalah sosok yang akan muridnya tiru. Kalo gurunya nggak bisa menghargai murid, gimana muridnya mau menghormati guru? Meskipun gue tahu bahwa aturan di sekolah itu adalah "murid yang membutuhkan guru", tapi tetep, guru juga harus bisa ngasih feedback yang baik ke murid.

Ini kenapa gue jadi kayak pemberontak ya? Bodo. Gue cuma mau numpahin rasa kesel aja.

Dan oh, satu hal lagi yang bikin gue bingung saat guru telat dateng, kenapa guru boleh bilang, "Hari ini saya akan telat (atau tidak bisa hadir), tolong belajar sendiri dulu untuk sementara waktu." Tapi murid nggak boleh bilang, "Hari ini saya akan telat, silakan ngajar sendiri aja dulu untuk beberapa waktu."

Pernah gue mencoba bilang gitu ke salah satu guru via chat BBM, begitu diread gue langsung didelcont.

5. Pembagian Raport

Hehehe. Bener banget. Momen ini adalah momen paling bahagia yang penuh canda tawa bagi mereka yang pinter di kelasnya. Tapi bagi gue, momen ini adalah momen di mana nyokap bakal pura-pura nggak mengenali anaknya sendiri ketika nama gue diabsen dan nyokap diceramahi oleh wali kelas.

Buat temen-temen sekelas gue yang dulu menjadi ranking 10 besar, percayalah, waktu itu gue hanya memberi kalian kesempatan untuk membanggakan diri pada orangtua masing-masing. Gue sih bisa aja nyusul prestasi kalian, terus berada di posisi ranking pertama saat pembagian raport tahun itu. Tapi ya, udah lah, yang lalu biarlah berlalu. Gue hanya selalu berusaha menjadi teman yang baik buat kalian. Makanya gelar 10 besar itu gue berikan tanpa pernah meminta imbalan. Gue mah gitu orangnya.

Hashtag #GueMahGituOrangnyahhh

Ngomong-ngomong soal pembagian raport, ada satu momen yang paling gue nggak ngerti selama ini. Itu waktu para juara (biasanya yang cewek) salam-salaman ke temen-temen terdekatnya sambil nangis histeris. Adegannya selalu sama. Temen-temen terdekat sang juara bakal berjajar membentuk barisan kecil, terus sang juara bakal meluk dan nyium pipi temen-temennya satu per satu. Mereka ngelakuin ritual itu sambil nangis seolah-olah hari itu akan menjadi pertemuan terakhir bagi mereka. Yang bikin gue bingung, itu mau bersyukur atas prestasi yang diperoleh sang juara atau mau ngantre masuk neraka?

Biasa lah, namanya juga cewek. Serba drama. Kalo cowok? Serba salah. Gue mah napas aja salah.

***

Hell yeah, itu lah lima momen semasa sekolah yang nggak bakal pernah gue lupain. Terutama momen yang terakhir. Masa-masa sekolah gue emang suram. Makanya pas temen-temen gue lulus dari sekolah keluarnya ijazah, gue lulus dari sekolah keluarnya unek-unek.

Ya udah, sebelum gue ngemil oskadon karena inget sama nilai raport, postingan kali ini gue tutup aja sampe di sini.

Be happy with your school, ya!

0 comments

Post a Comment