Wednesday 5 August 2015

Tentang Patah Hati

Tepat dua minggu lebih dua bulan lebih dua tahun (kok ribet banget ya bacanya) yang lalu, gue mulai terjun ke dunia tulis menulis di blog. Yoi, gue mulai ngeblog itu sejak 21 Juni 2013. Itu berarti, waktu gue lagi nulis postingan ini, gue udah ngeblog selama dua minggu lebih dua bulan lebih dua tahun. Sekali lagi, kok ribet banget ya bacanya.


Kalo yang itu ribet banget liatnya.

Anyway, apa aja yang gue dapetin selama ngeblog dua tahun ini? Banyak. Serius. Buat temen-temen yang up to date sama postingan-postingan di blog ini dari dulu, pasti udah tahu lah gue dapet apa aja dari blog. Buat yang belum tahu, gue pernah dapet pacar (kalo nggak percaya stalk aja postingan yang dulu-dulu) meski akhirnya berujung suram. Terus, gue pernah dapet hadiah lomba nulis sinopsis di blog yang diselenggarakan oleh penerbit RakBuku sebagai juara pertama. Gue juga dapet tawaran dan kesempatan menjadi anak media sebagai admin twitter sekaligus penulis artikel di salah satu media informasi, yang kemudian dapet pengalaman menjadi tukang turun ke lapangan (baca: ngeliput) di event-event keren, dan masih banyak lagi.

Overall, dari semua hal yang gue dapetin di blog ini, gue dapet yang paling penting dan berharga. Apa? Temen-temen pembaca dan apresiasi dari mereka. Bagi gue, itu adalah sesuatu yang nggak ternilai harganya. Terima kasih, buat semua temen-temen yang selalu mengapresiasi postingan-postingan di blog ini. Without you guys, I'm nothing! :))


Salah satu alasan kenapa temen gue banyak, itu karena gue menulis.

Seperti kata seorang bijak, "Membaca dapat membuatmu mengenal dunia, dan menulis akan membuat dunia mengenalmu." Gue lupa nama orang bijaknya, tapi gue sepakat sama quote itu. Ya, menulis akan membuat kita punya banyak temen. Azek.

Tapi meskipun gue seneng bisa dapet banyak apresiasi dari temen-temen, itu bukan berarti gue mau diajak pacaran ya.


Ya, sebenernya selain karena mau fokus bahagiain orangtua dan ngejar cita-cita, gue nggak mau pacaran dulu itu karena gue orangnya taaruf. Pacaran hanya membawa umat manusia pada kemaksiatan. Yoi, islami banget gue, men.

Nggak percaya kalo gue orangnya islami? Nih buktinya gue sempet ceramah di BBM:



Iya meskipun setiap kali ceramah, pasti ada aja pihak-pihak yang bertolak belakang pemikirannya sama gue:




Ketika penceramah malah diceramahin balik. Pedih.

Dan untuk memperkuat bukti bahwa gue orangnya emang islami, gue juga sempet bikin video cara bangunin orang buat sholat subuh:


Source: instagram.com/rakaprasetyaaa

Cover videonya emang mirip film Terminator gitu. Tapi isinya nggak terlalu serem kok. Percayalah. Nggak percaya? Udah, percaya aja.

***

Well, sesuai judul postingan, kali ini gue mau cerita tentang mantan. Berhubung mantan gue agak banyak (bukti bahwa gue selalu gagal dalam urusan cinta), gue sempet bingung mau nyeritain mantan yang mana. Ada mantan pacar, mantan gebetan yang nggak sempat jadi pacar, ada juga mantan kecengan yang belum sempat jadi gebetan apalagi jadi pacar. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, akhirnya gue memutuskan untuk cerita tentang mantan pacar aja.

Namanya Nia. Lengkapnya Aghnia Nurul Khairunnisa. Dia mantan pacar gue waktu zaman SMP di SMPN 6 Bandung:


Kalo dari segi fisik, Nia itu kulitnya putih bersih, pipi cabi, dan mata agak sipit karena dia emang punya darah campuran (darahnya dioplos) antara Indonesia dan China. Urusan badan, Nia itu lebih pendek dari gue. Kurang lebih tingginya sebahu lah. Nia juga orangnya tomboy. Waktu zaman pacaran sama gue, rambut dia itu dipendekin. Makanya kalo kami jalan berduaan, gue bakal terlihat seperti seorang pedofil maho.

Kalo dari segi sifat, Nia itu orangnya cerewet. Di chat sih emang agak pendiem. Tapi kalo udah ngobrol face to face, beuh, nanyain hal sepele aja bisa dijawab pake pidato! Tapi justru sifat itu lah yang membuat gue nggak pernah kehabisan bahan obrolan kalo lagi sama dia. Di samping itu, Nia juga orangnya gokil, absurd, kadang feminim, kadang ngeselin. Overall, dia baik kok sumpah.

Nah, jadi ceritanya, dulu itu kami satu sekolah, satu angkatan, tapi beda kelas. Pertama kali gue kenal dia itu waktu kelas dua. Pas dia masuk ke kelas gue buat nyimpen kotak kencleng sumbangan pembangunan masjid. Kebetulan dia anak OSIS, dan mungkin waktu itu anak OSIS yang diberi kewajiban buat nyimpenin kotak kencleng ke setiap kelas.

Di SMP gue, kalo siswa naik kelas dari kelas satu ke kelas dua, temen-temen sekelasnya bakal dirolling. Mungkin tujuannya supaya semua siswa jadi lebih saling mengenal satu sama lain. Nah, waktu di kelas dua, gue duduk sebangku sama Hadi Choirumanhaq (pas lulus SMP dia lanjut ke SMKN 5 Bandung. Kalo ada yang kenal, itu temen baik gue). Kebetulan Hadi itu temen sekelas Nia waktu kelas satu. Jadi pas si Nia masuk ke kelas gue buat nyimpen kotak kencleng itu, dia sempet jalan-jalan dulu ke bangku Hadi, dan itu bangku gue juga.

"Eh, Hadi, kamu masuk kelas 8.4?" kata Nia.

"Iya, kamu sekarang di kelas berapa emang?"

"Aku mah di 8.1 hehe."

"Oh, kirain nggak naik kelas."

"Ih." Nia mulai jengkel. "Ngomong-ngomong, muka kamu masih kayak gitu ya? Nggak berubah. Hahaha."

"Lah kamu? Badan kamu juga masih kayak gitu, nggak berubah."

"Ih, segini mah aku makin tinggi!" jawab Nia sambil ngeliat bet nama gue, "Siapa namanya? Oh Raka. Segini mah aku udah tinggi ya, Ka?"

Gue ngangguk-ngangguk aja biar cepet.

"Tuh, kata temen kamu juga segini mah aku udah tinggi!" cetus Nia pada Hadi.

"Iya lah iya, terserah."

Selesai basa-basi sama Hadi, Nia pun keluar dari kelas gue. Terus gue tanya Hadi, "Yang tadi temen lo?"

"Iya, si Nia. Temen pas kelas satu."

Ohh.. Nia. Di situ lah pertama kali gue tahu namanya.

Sepulang sekolah hari itu, gue langsung iseng nyari akun facebook dia. Gue yakin, Nia pasti punya facebook. Karena tahun itu, facebook adalah standar kelayakan seseorang untuk diakui tingkat kegaulannya. Apalagi kalo facebooknya rame terus. Semakin rame, semakin gaul. Alhamdulilah, dulu gue termasuk anak yang gaul di facebook. Nggak percaya? Nih liat buktinya. Sekali bikin status, berapa komentar coba:


276 komentar! Ada yang pernah update status terus komentarnya tembus segitu?

Ehm, nggak butuh waktu sampe 5 menit, gue udah dapet facebook dia. Gue add, dan besoknya langsung diconfirm. Sejak berteman di facebook, mulailah gue sama Nia jadi agak akrab di social media. Sering kirim-kirim wall, sering komen-komenan post, juga sering chatting ngobrolin hal nggak penting sampe jari jadi keriting.

Dari kebiasaan sering ngobrol di socmed, gue jadi mulai semakin akrab sama Nia. Dari akrab, timbulah rasa nyaman. Dan dari nyaman, timbulah rasa cinta. Yoi, jatuh cinta itu emang luar biasa, karena datangnya bisa dari hal-hal yang sederhana.

Singkat cerita, gue pacaran sama Nia. Kurang lebih dua bulan. Putusnya gara-gara backstreet. Iya, jadi waktu di SMP, dia itu punya sahabat cowok yang anak OSIS juga. Dan sahabatnya itu kurang suka sama gue. Entah apa alasannya. Jadi, Nia ngajakin backstreet supaya sahabatnya nggak marah, dan kami bisa tetep pacaran. Awalnya sih gue bisa nerima keputusan ini. Tapi setelah dua bulan bersikap pura-pura nggak kenal sama pacar sendiri setiap berpapasan di sekolah, gue capek.

Selain capek, gue juga ngerasa nggak nyaman. Dulu, waktu belum pacaran, setiap berpapasan di sekolah kami suka saling bercanda. Bisa ngobrol panjang. Tapi semenjak backstreet, setiap berpapasan saling buang muka. Kalo pun lagi sama-sama jajan di kantin, kami saling diem-dieman.

Gue masih inget, hari itu gue lagi main di rumah Gilang (temen sekelas) pas pulang sekolah. Gue masih inget, hari itu turun hujan cukup deras. Gue masih inget, hari itu music player Gilang lagi muterin lagu Perih dari Vierra. Dan gue juga masih inget, hari itu hubungan gue sama Nia berakhir dengan kalimat, "Ya udah, kita putus aja."

Setelah lulus dari SMP, Nia hijrah ke Lombok karena ikut keluarganya. Dia melanjutkan sekolah di sana. Sesekali kami masih sering komunikasi. Dia juga sempet ngasih kabar, kalo lulus SMA nanti, dia mau lanjut kuliah di Bandung. Sewaktu dia masih di Lombok, dia sering bilang kalo nanti udah ke Bandung lagi, dia pengin main bareng gue.

Dan gue, selalu nunggu hari itu tiba.

***

Jumat, 6 Februari 2015.

Setelah empat tahun lebih nggak ketemu, akhirnya hari itu gue reunian sama Nia. Iya, mantan itu alumni hati. Jadi pasti ada suatu momen yang disebut reuni. Semuanya berawal dari chat ini di pagi hari:


Tadinya emang mau jalan tanggal 14 Februari, karena hari ini gue lagi sakit, dan karena kebetulan 14 Februari itu malam Minggu.

Gue: "Iya tanggal 14. Aku lagi sakit kalo sekarang."

Nia: "Sakit apa? Ya udah aku ke rumah kamu aja. Mau dibawain apa?"

Gue: "Nggak enak badan sama batuk-batuk doang. Bawa martabak cokelat!"

Nia: "Oke, pulang ngampus ya. Aku bubaran kampus jam 5 sore, paling nyampe rumah kamu maghrib."

Gue kira bercanda. Eh ternyata dia beneran dateng!

Nia nelepon gue, "Halo, Ka? Martabaknya nggak ada. Jadinya mau dibawain apa?"

"He? Aku bercanda!"

"Ih, udah nggak apa-apa, mau dibawain apa?"

"Ngg.. apa aja lah yang kamu juga suka. Jadi nanti kamu ikut makan juga."

"Spaggetti mau?"

"Jangan lah, kan lagi batuk, kecuali spaggettinya nggak pake bumbu. Tapi nggak enak juga sih."

"Ih, ya martabak cokelat juga nggak boleh harusnya! Kan lagi batuk!"

"Oh iya ya.. -__-"

"Ya udah, jadinya mau apa?"

"Apa aja deh, bebas."

"Oke, nanti aku telepon lagi kalo udah deket rumah kamu."

Malam itu, sekitar jam 7, Nia baru nyampe di rumah gue karena kejebak macet di jalan.

Nggak banyak yang berubah dari dia selama empat tahun ini. Dari segi fisik, semuanya masih mirip. Pipinya, tingginya, suara cemprengnya, nggak berubah.

"Nih, jadinya aku bawa ini." kata Nia sambil ngeluarin box KFC.

"Ya udah, kamu dulu yang nyoba."

"Lho? Kan ini buat kamu?"

"Kan tadi di telepon aku bilang makan berdua, makanya aku minta beli yang kamu suka juga."

"Oh iya lupa. Ya udah, aku juga makan."

Gue pikir dia mau bawa makanan yang dicomot. Kayak martabak atau kue cubit. Makanya gue minta yang dia suka juga supaya bisa dimakan berdua. Eh nggak tahunya bawa nasi. Jadilah kami makan satu box bedua, meskipun dia cuma nyendok beberapa suap:


Cuma di posisi duduk sebelahan tinggi kami bisa sepantaran.

Sambil makan, gue sama Nia sambil ngobrolin banyak hal. Mulai dari kesibukan masing-masing, sampe ngetawain cerita pacaran zaman SMP dulu. Dan saat itu gue baru sadar, bahwa kami sudah bukan lagi orang yang sama. Ya, kalo dulu, kami masih bocah yang cintanya cuma karena suka-sukaan aja. Kalo sekarang, kami jadi sedikit lebih dewasa. Kenapa? Karena malam itu, kami bisa menertawakan cerita cinta lama yang penuh duka. Nyokap gue pernah bilang, "Seseorang dibilang dewasa itu kalo dia udah bisa ngetawain masa lalunya yang penuh luka. Karena untuk menerima sebuah luka butuh sikap yang dewasa."

Malam itu, kami ngobrol sampe jam 10. Setelah pamitan sama nyokap dan dipeluk sambil dicubit-cubit pipinya (kata nyokap gue sih gemes), Nia pun pulang. Gue anter dia ke rumahnya. Oke, gue tahu gue lagi sakit. Dan kalo gue keluar terus kena angin malem, itu bisa bikin repot. Tapi kalo ngebiarin dia pulang sendiri di atas jam 10, itu bakal lebih repot lagi.

Malam itu, adalah malam di mana gue ngerasa balik lagi ke zaman SMP. Masa di mana pernah duduk berdua sama dia di bawah pohon deket jembatan penyebrangan sepulang sekolah, ngobrolin banyak hal dari jam 3 sore sampe maghrib.

Kalo kalian pernah main ke Stasiun Bandung, terus pernah ngelewatin jembatan penyebrangan kecil yang begitu turun ada warung, terus di sebelahnya ada pohon gede, nah, itu tempat gue nembak Nia waktu kelas 2 SMP. Kalo sekarang mungkin udah jadi emperan yang jualan batu akik.

Well, dari postingan ini, gue cuma mau bilang, "Semua kisah tentang luka, kelak akan menjadi sebuah cerita penuh tawa, saat kita sudah cukup dewasa untuk menerimanya."

Dengan kata lain, jangan larut terlalu lama dalam kesedihan, karena bahagia menunggu kalian di masa depan.

Gila, bijak banget gue kali ini..

***

Tambahan:

Beberapa hari setelah Nia ke rumah gue, kami sempet main lagi. Waktu itu niatnya mau nyari rujak. Tapi karena langit mulai mendung dan gerimis udah turun, jadinya gue diajak ke rumah dia. Di sana kami ngabisin waktu buat nonton film. Dari jam 5 sore sampe jam 10 malem. Terus, gue dapet ini pas pulang dari rumahnya:

Gue dapet dus berbentuk persegi panjang!

Ya, isinya dodol rasa rumput laut dari Lombok! Kalo pernah nyobain permen jelly aneka rasa, kira-kira kayak gitu rasanya. Enak kok sumpah.

Waktu gue lagi nulis postingan ini, dia lagi di Lombok. Liburan semester kayaknya. Balik lagi ke Bandung sekitar akhir bulan Agustus. Mau minta dodol rumput laut lagi ah.

Btw, gue juga baru tahu kalo di Lombok ada pabrik dodol.

0 comments

Post a Comment