Friday 3 June 2016

Ngomongin Instagram

Kemarin sore waktu lagi enak-enaknya makan bakso malang di depan rumah, gue dapet chat whatsapp dari Jamila.

Ada yang pernah ngalamin juga?

Beberapa waktu lalu, Fajar, temen gue, juga mengalami masalah yang serupa di akun Instagramnya (@fajarsuryaman20). Jadi kalau upload video ke Instagram, kualitas suaranya suka aneh gitu, kayak suara robot yang lagi pilek. Tapi pas udah update version, sekarang kualitas suaranya jadi normal. Which mean masalah yang dialami temen gue ada di aplikasinya. Btw, Fajar waktu itu record video langsung dari Instagram. Bukan record dari kamera smartphone.

Nah, berbeda dengan Fajar, kalau Jamila record video dari kamera smartphone, dan dia juga udah update aplikasinya. Tapi kualitas suaranya tetep kayak robot kebanyakan makan cireng. Which mean gue bingung ini masalah di mananya. Soalnya record udah pake kamera smartphone, aplikasi juga udah up to date, tapi masih tetep ada bugs.

Firstly, gue mau ngasih tahu kalau sebelumnya akun Instagram gue (pas pake versi 7) juga bapuk. Jadi pas sebelum update ke versi 8, gue kalau upload video suka jadi autozoom (meskipun ukurannya square). Pokoknya setiap kali upload video, ukurannya jadi nge-zoom sendiri. Gue sempat nanya ke Benazio (@benakribo) tentang masalah ini, takutnya cuma akun gue doang yang kayak gini. Tapi Bena sendiri bingung karena baru denger.

Karena bener-bener penasaran, akhirnya gue nyobain upload video di Instagram versi 7 pake smartphone nyokap (Samsung Galaxy J5), dan ternyata normal. Which mean masalah ini bukan di aplikasinya ataupun akunnya, tapi masalah di smartphone-nya.

Terus gimana cara gue ngatasin masalahnya?

Karena kasus autozoom ini cuma terjadi pas update ke versi 7, jadinya gue pake Instagram versi 6. Ya, selama Instagram belum update ke versi 8, selama itu juga gue pake Instagram versi 6. Jadinya pas ada update versi 8, gue langsung skip version dari 6 ke 8 tanpa pake yang versi 7.

Kesel sih, nggak bisa ngerasain beberapa fitur (terutama sign in multiaccount karena gue handle beberapa akun). Tapi ya mau gimana lagi. Untungnya, pas ada update versi 8, masalah autozoom ini nggak kejadian lagi. Sekarang gue bisa upload video normal.

Terus, Rika, temen gue yang lainnya, pernah ngalamin masalah juga di akun Instagramnya (@rikaafnfjrn). Kalau dia, masalahnya di versi 7. Ketika orang lain udah bisa upload ukuran potrait dan landscape, dia nggak bisa. Begitu upload jadi auto-square. Waktu itu Rika pake smartphone Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich).

***

Nah, sejauh ini, berarti penyebab masalah di Instagram itu ada dua faktor: aplikasi dan smartphone. So, kalau ada yang aneh sama akun Instagram kalian, itu bukan masalah di akunnya, tapi antara aplikasi atau smartphone-nya. Mari kita bahas.

1. Masalah Aplikasi

Untuk yang pertama ini, umumnya aplikasi-aplikasi di OS manapun pasti selalu punya bugs. Makanya seiring waktu berjalan aplikasi-aplikasi itu pasti ada update version. Bahkan beberapa aplikasi kalau nggak di-update, jadi nggak bisa dipake. Kayak misalnya aplikasi WhatsApp. Dia kalau ada update version dan belum kita update, versi lamanya nggak akan bisa dipake lagi.

Kalau kasus Instagram, biasanya masalah paling umum pas ada update version tapi belum kita update, kita jadi nggak bisa upload poto. Tapi untuk beberapa smartphone, jadi ada bugs lain juga. Kayak misalnya di smartphone si Fajar, kalau upload video suaranya jadi kayak robot migren.

Makanya gue rekomendasikan untuk selalu update aplikasi-aplikasi yang sering kalian pake. Selain mencegah terjadinya bugs, update version juga berguna untuk up to date dengan fitur-fitur terbaru di aplikasi tersebut. Update aplikasi itu bisa otomatis dan manual, btw.

Kalau mau otomatis, tinggal kalian setting aja di Play Store (Android) atau App Store (iOS). Malah bisa pilih otomatis update pas koneksi pake wifi aja atau update pas koneksi internet biasa. Mungkin untuk nyegah borosnya kuota, terutama buat yang install banyak aplikasi di smartphone-nya.

Tapi kalau gue sih basically lebih suka update manual. Biasanya gue rutin check Play Store 2-3 hari sekali. Kenapa manual? Karena nggak semua aplikasi perlu gue update. Kayak misalnya aplikasi Google, YouTube, atau Twitter, selama update-nya cuma fix bugs dan imrpove doang, nggak bakal gue update. Gue baru mau update kalau ada fitur baru. Hehehe.

2. Masalah Smartphone

Nah, untuk masalah ini, perlu kalian ketahui bahwa Android itu salah satu OS (operating system) yang open source. Atau bahasa manusianya: bebas diutak-atik. Which mean banyak juga developer (brand) yang berkontribusi di OS Android. Perlu gue jelasin lebih detail nggak? Oke.

Kalian pernah liat smartphone punya temen? Mungkin mereka pake merk yang beda-beda. Ada yang pake Samsung, Sony, LG, Huawei, Xiaomi, Mito, dan banyak lagi. Tapi mereka semua pake Android. Kenapa bisa gitu? Karena Android itu OS, sedangkan merk-merk smartphone itu brand. Dan berhubung Android itu OS yang open source, jadinya para brand bisa ikut bikin smartphone dengan OS Android. Berbeda dengan iOS yang cuma dimiliki oleh smartphone atau device brand Apple (iPhone/iPad).

Actually, zaman Nokia masih jadi raja handphone di dunia, mayoritas brand pada pake OS Symbian. Itu juga open source. Tahu cara bedain handphone OS Symbian dengan OS Java? Kalau handphone OS Symbian, tombol menu pake logo: rumah, lingkaran, atau logo khusus. Pokoknya kalau kamu pernah liat handphone yang tombol menunya beda dari handphone biasanya, berarti handphone itu pake OS Symbian.

Balik lagi ke Android. Karena ada banyak brand yang berkontribusi di OS Android, jadinya ada banyak perbedaan juga. Nah, ini ngaruhnya ke developer aplikasi. Gambaran singkatnya gini:

Samsung bikin smartphone Android versi 4.0 (ICS) dengan ukuran layar 4 inch. Di hari yang sama, LG bikin smartphone Android versi 4.2 (JellyBean) dengan ukuran layar 4 inch. Besoknya, Sony bikin smartphone Android versi 5 (Lollipop) dengan ukuran layar 5 inch. Dari ketiga perbedaan itu, setiap developer app harus bikin aplikasi yang responsive (tampilan bisa sesuai sama ukuran layar smartphone). Gimana caranya bikin aplikasi di versi yang sama tapi tampilannya bisa sesuai untuk ukuran layar smartphone yang berbeda? Itu bakal lebih ribet lagi kalau dibahas. Intinya, setiap developer app punya tugas besar kalau mau bikin aplikasi Android.

Beda kasus kalau iOS. Karena semua smartphone di-handle langsung oleh Apple, jadinya para developer app tinggal bikin aplikasi untuk ukuran iPhone.

Nah, karena Android itu agak ribet nge-develop-nya, jadinya maklumi aja kalau ada aplikasi yang di smartphone A normal, tapi di smartphone B agak ngeselin. Semuanya butuh waktu. Itulah kenapa kadang suka ada aplikasi yang pas update cuma fix bugs dan improve doang tapi pas kita update nggak ada perubahan, sebenernya itu update untuk smartphone lain. Di kita mungkin nggak ngaruh apa-apa, tapi di smartphone orang bisa jadi ada perbaikan sesuatu. Atau kadang di smartphone temen udah update, di smartphone kita masih belum.

Contoh gampangnya aja, aplikasi BBM itu kalau di Android versi 4.2.2 udah canggih banget. Banyak fitur barunya. Tapi di Android versi 2.2.3 masih ketinggalan jauh. Nah, perbedaan versi OS ini juga yang bikin beberapa aplikasi kadang nggak support di smartphone-smartphone tertentu. Misalnya di smartphone gue (Android 4.2.2), nggak bisa install aplikasi Periscope.

Jadi intinya, kalau ada masalah sama aplikasi di smartphone kamu (khususnya Android), coba update dulu aplikasinya. Kalau udah di-update tapi masih bermasalah, berarti aplikasi versi itu nggak support sama smartphone kamu. Solusinya? Ya pake aplikasi versi lama, kalau emang yang lama nggak ada masalah dan masih normal untuk dipake.

Kalau versi lama nggak bisa dipake, versi terbaru juga tetep ngeselin, berarti masalahnya ada di smartphone kamu. Solusinya? Beli yang baru. Hehehe. Android mah emang gitu. Nggak semua brand support buat follow up sama versi Android terbaru. Kayak misalnya punya gue (Sony Xperia L), versi Android-nya stuck di 4.2.2 (Jelly Bean) dan nggak ada update lagi. Kalau mau nikmatin Android terbaru? Ya harus ganti smartphone.

***

Anyway, solusi buat Jamila atau temen-temen yang ngalamin masalah serupa:

1. Record video yang mau diupload
2. Convert video ke format .mp3
3. Gabungin video original (yang pertama di-record) sama file .mp3 hasil convert tadi

Untuk video converter bisa pake Vidtrim, untuk gabungin video dan .mp3 bisa pake InShot atau ViVaVideo. Tapi kalau nggak salah di Vidtrim juga bisa. Gue lupa. Udah nggak pake Vidtrim lagi soalnya. Cobain aja.

***

Tambahan:

Berhubung sekarang Instagram udah bisa upload video 60 detik, daripada upload selfie monyong-monyong nggak jelas selama satu menit, mending upload sesuatu yang lebih seru. Ada banyak kok konten audio visual yang bisa kalian bikin cuma pake smartphone doang.

1. Video comedy
2. Video music cover
3. Short film
4. Video art
5. Reverse motion art
6. Curhat (short vlog style)
7. Share info
8. Slideshow
9. Ngiklan (ya)
10. Jadi radio

Sering kan liat temen di timeline yang upload video suara dia lagi nyanyi tapi gambarnya item doang dari awal sampe akhir? Nah, itu temen kamu lagi jadi radio.

Atau kalau mau lebih gampang: video lipsing pake aplikasi Dubsmash, dan video joget-joget fast mode pake aplikasi Musically.

That is all.
Anyway, find me on:
instagram.com/rakaprasetyaaa

Kalau masih ada yang mau ditanyain, please feel free to ask me!

0 comments

Post a Comment