Thursday 2 January 2014

Dari Purwakarta Hijrah Ke Bekasi

Halo! Postingan ini adalah lanjutan dari yang kemarin, buat yang ketinggalan bisa: Klik disini. :)

Seperti yang tertulis di judul postingan, sekarang gue lagi ada di Plered, Purwakarta. Itu adalah rumah nya si rifal, orang yang ngajakin gue buat liburan minggu ini.

Nah sesuai lanjutan nya, beres makan dan istirahat gue pun langsung diajak keliling untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar karna gue akan tinggal disini selama dua malam. Cuaca nya cukup gerah karna pas gue keliling keliling masih jam 3 sorean. Jadi tempat pertama yang gue kunjungi adalah White House.

WH disini bukanlah white house yang ada di bogor, melainkan adalah rumah temen nya si rifal yang lantai keramik nya berwana putih, maka disebutlah white house (rumah putih). Kreatif juga. Hal pertama yang gue lakuin saat tiba disini adalah: NYARI SINYAL. Gatau kenapa sinyal nya susah, padahal gue pake kartu Telkomsel, jaringan di set 3G atau 2G pun tidak terditeksi. Ah kampret.

Sambil nyari sinyal gue pun di kenalin sama temen temennya, gue lupa nama mereka kalo disuruh ngabsen satu persatu. Kebanyakan sih. Tapi ada satu orang yang udah gue kenal sejak lama, namanya Gugum. Dia adalah satu anggota band rifal yang nanti akan manggung di Bekasi. Syukurlah ada yang kenal sama gue. Jadi kan ga terlalu canggung. Hehe.

Tidak lama kemudian gue diajak berjemur di sekitaran persawahan. Oh iya, daerah rumah rifal tuh alternatif, ada pom bensin, sawah, gunung, pasar dan masjid. Cuma gue milih berjemur di sawah aja daripada berjemur di pom bensin, kan ga lucu. Ya, sama seperti anak lainnya, sambil berjemur kita ngerumpi dan kebetulan rifal adalah anak band, kami pun sambil nyanyi nyanyi main gitar. Tapi karna gue ga bisa nyanyi, yaudah gue milih nyebur aja ke tengah sawah. Alhasil gue berubah jadi siluman bekicot.

Hari sudah larut, gue pun balik lagi ke penginapan. Sambil makan dan istitahat lagi sebentar.

***

Keesokan hari nya.

Ga beda jauh dari hari kemarin, gue bangun tidur, terus mandi, lalu sarapan sama karedok. Buat yang gatau karedok, ini potonya:


Percayalah, itu bukan kelabang.

Dan untuk sore hari nya gue main lagi ke sawah kemarin, sambil main gitar lagi. Sambil gue jadi siluman cacing lagi.

Banyak sih yang gue lakuin disawah ini, seperti godain cewe yang lewat kemudian ditampar, godain ibu ibu yang lewat dan tetap ditampar. Godain bapak bapak lewat, eh sial nya itu bapak bapak adalah pak haji. Walhasil kami pun diceramahi.

Pak haji: lagi pada ngapain ini?
Gugum: biasa pak, nongkrong.
Pak haji: biar apa?
Gugum: kan malam minggu pak.
Pak haji: malam minggu tuh bukan dipake untuk main gitar di pinggir jalan membuat kebisingan!
Gugum: tapi kan pak...
Pak haji: ah tidak ada tapi tapi-an. Sekarang kalian ikuti saya. Kalian harus diberi doa.
Gugum: *manggut2*

Dan pak haji tadi pun menceramahi kami, untung nya pas diceramahi gue lagi ada di sawah, pas dateng kondisi mereka udah gitu aja. Karna iseng, gue ambil poto aja dari arah belakang, seperti ini:


Perhatikan! Betapa malang nya wajah mereka, kecuali yang paling kiri. Zoom aja.

Setelah diceramahi, kami cuma bisa diem dan bengong. Ga bisa main gitar lagi, tapi untung nya ada studio musik yang deket di sekitatan sini, jadi kami langsung berangkat aja ke studio. Dan gue harap itu pak haji ga ikut ke studio juga.

Hingga pada akhirnya selesai dari studio gue langsung balik ke penginapan, kali ini gugum ikut menginap karna besok kita akan ke Bekasi pagi pagi sekali.

***

Minggu, 29 Desember 2013.

Hari yang cerah dan cuaca bersahabat. Gue bangun dengan wajah tampan menyambut mentari di pagi hari. Ahh.. udara segar pun dapat terhembuskan, wangi wangi kota Bekasi sudah tercium di hidung ini. Jadi ga sabar berangkat.

Tapi sebelum berangkat gue sarapan dulu yang banyak, mengingat sisa uang yang cuma 50rb ini. Mumpung sarapan nya gratis. Hehe.

Jam 9 pagi, gue berangkat bareng rifal, gugum, dimas dan satu lagi gue lupa nama nya. Kita berangkat dari Cikopo, Purwakarta menuju Gor Bekasi naik bus Primajasa. Sepanjang perjalanan yang ada di pikiran gue adalah: Purwakarta aja udah panas gini, Bekasi gimana ya?! Entahlah.

Sambil nunggu nyampe terminal, gue menghubungi ayah dan ibu memberi laporan bahwa gue sudah ada di Bekasi. Iya, gue harus selalu memberi laporan kapan pun, dimana pun. Ini keluarga udah kayak LDR aja. Lama lama whatsapp jadi instagram juga nih, dikit dikit kirim poto lokasi. Halah. Pertama gue memberi laporan pada ayah:


Laporan yang isinya minta uang.

Sialnya, gue tidak punya atm. Gue juga ga pernah kepikiran untuk bikin atm. Tapi sisi baiknya, gue punya saudara di Bekasi, jadi gue bisa nginep untuk sementara, sekalian minta ongkos pulang juga karna sisa uang gue saat tiba di terminal Bekasi adalah 30rb. Gue pun memberi laporan pada ibu via whatsapp.

Gue: bu, sisa uang aka 30rb.
Ibu: aka dimana?
Gue: terminal bekasi.
Ibu: ngapain di terminal?
Gue: jadi preman, malakin orang.
Ibu: ... *offline*

Yah, beginilah. Sudah ganteng, sudah rapih dan sudah kehabisan uang. Tapi rifal bilang "Gausah mikirin uang dulu, gampang. Sekarang kita langsung ke gor aja." Ya gue sih iya iya aja biat cepet. Dan benar sekali teman teman, dugaan gue tidak meleset. Yakni, BEKASI PANAS MEN! nyampe di gor gue langsung lari lari nyari masjid. Bukan mau mandi, tapi mau nyari kipas angin, biasa nya kan masjid masjid suka ada kipas angin nya. Lumayan tuh.

Selesai mendinginkan suhu tubuh, gue langsung istirahat bentar sambil nyari nyari lokasi rumah saudara gue. Dan ternyata cukup jauh dari gor. Gue memang pernah ke Bekasi, tapi sama keluarga, nah ini berangkat sama temen temen yang mereka pun gatau kota Bekasi. Maka gue pun harus membuka google maps:


Titik A adalah lokasi gue, titik B adalah lokasi tujuan alisan rumah saudara gue. Lumayan jauh, ga masalah sih jarak sejauh manapun jugaz masalah nya GUE GA PUNYA UANG!! alhasil gue hubungi saudara untuk jemput gue ke gor, tapi katanya gabisa. Yaudah gue pasrah aja. Urusan ongkos gimana nanti ajalah.

Ketika rifal dan temen temen nya mau manggung, gue langsung pamit pergi duluan. Kami pun poto bareng dulu supaya nanti ga kangen. Setelah poto-potoan, gue langsung berangkat menuju rumah saudara. Ditemani cuaca yang panas, lalu lintas yang ramai dan batre hp yang mau abis. Gue nanya nanya dulu untuk tiba kesana harus naik apa, setelah mendapatkan jawaban, gue pun langsung mengikuti petunjuk yang diberikan orang orang. Dan apakah kalian tau apa yang terjadi?

Tepat. Gue nyasar.. -__-

Uang semakin menipis, perut udah death metalan gini. Mungkin kalo laper perut kalian keroncongan, tapi saat ini perut gue death metalan karena suara nya menggerubuk seram. Ahh.. segini nya nasib gue.

Kemudian gue turun di Jl. Juanda depan hotel Merdeka, terus naik ojeg dan untung nya ada ojeg. Tapi sialnya itu tukang ojeg ga hafal tempat tujuan gue, maka dengan terpaksa gue buka navigasi di google maps lalu main Raka the Explorer bersama tukang ojeg. Tiap dia gatau jalan dia bilang: "tanyakan kepada peta, tanyakan kepada peta!" Dan gue jawab: "mending tanya simsimi aja." Seketika suasana pun hening.

***

Pada akhirnya gue nyampe juga, langsung deh gue lompat dari motor, terbang melewati rumah orang, mendarat di depan rumah saudara dan ketuk pintu dengan wajah males gue bilang: "selamatkan aku..." munculah sesosok nenek nenek tua yang ternyata itu adalah nenek gue, dia bilang: "sini masuk, kamu kenapa muka nya gitu? Kok jelek amat."

Gue pun langsung garuk garuk aspal.

Sesampai nya disana, gue masuk dan disapa oleh makanan yang pengen gue kunyah sama piring piring nya.

Ahh.. perut pun sudah terganjel oleh makanan, kemudian gue ngobrol ngobrol kecil sama orang rumah. Dan gue pun lelah. Setelah curhat gue langsung tidur di kamar yang sudah disediakan dengan fasilitas: 1 kipas angin, 1 tv dan 1 satu kolam renang. Sebenarnya bukan kolam, tapi kamar nya aja lagi kena banjir. Ya mirip lah sama kolam anak yang tinggi nya semata kaki.

***

Gue punya waktu 2 hari lagi untuk pulang ke Bandung. Dan itu berarti cerita gue belum selesai sampai disini. Tapi sama seperti kemarin, cerita nya di lanjut di postingan berikutnya.

Karena beda cerita beda pembahasan, banyak yang gue alami dan itu ga mungkin gue bahas di satu postingan. Selain gue cape nulis nya, kalian juga pasti males baca nya.

So, cerita gue selama di Bekasi bisa disimak dipostingan selanjutnya. Muahaha.

***

Tambahan:

Buat temen temen di Purwakarta, makasih banyak udah nemenin gue liburan! Kalian seru! Salam buat semuanya, kapan kapan kita ketemu lagi ya.

Buat rifal, helm gue ketinggalan di rumah lo!. Nanti bawa. Jangan dijual.

Oh iya, pengen ke sawah lagi!

0 comments

Post a Comment