Monday 13 June 2016

Ramadhan Produktif

Gila. Puasa udah satu minggu lebih dan gue baru sempat nulis postingan. Beberapa hari ke belakang emang banyak hal yang bikin gue jadi sedikit 'sibuk' di dunia nyata. Anyway, gimana puasa kalian selama seminggu ke belakang? Gue sih abstrak parah. Selama seminggu ini gue banyak sahur dan buka di luar rumah. Dan tentunya banyak juga dana yang dikeluarkan.

Untuk antisipasi krisis moneter di akhir bulan, gue udah ancang-ancang dari sekarang, tidak akan menerima reuni baik itu reuni SD, SMP, ataupun SMK. Kecuali reuni mantan. Itu bisa dipertimbangkan lah. Siapa tahu ada 'berkah ramadhan' di sana. Hehehe.

Tapi meskipun banyak sahur dan buka puasa di luar, gue merasa bahwa ramadhan kali ini adalah ramadhan paling produktif. Soalnya sahur dan buka di luar itu ada alasan dan tujuannya. Nggak iseng-iseng buang duit seenak udel. Yap, gue ada banyak kegiatan positif di ramadhan kali ini. Alhamdulillah.

Buat yang mau tahu gue ngapain aja, ini ada beberapa list yang gue lakuin selama satu minggu ke belakang. Siapa tahu bisa jadi referensi kalian. Dan tentunya yang gue lakuin ini kegiatan positif supaya ramadhan jadi produktif. #Azek

Dimulai dari yang paling awal, cekidot:

1. Berburu Kuliner

Seperti yang gue tulis di awal, gue banyak banget sahur dan buka puasa di luar rumah. Sebenernya alasan dan tujuannya beda-beda. Ada yang karena ikut nginep di rumah temennya nyokap karena lagi bikin kue, ada yang karena meeting team, ada juga yang karena di rumah nggak ada nasi. Sedih sekali memang.

Nah, buat kamu-kamu yang ngaku anak kuliner banget, kegiatan ini bisa kamu lakuin selama ramadhan. Mungkin dijadwal seminggu 2-3 kali supaya dompet nggak terlalu bocor. Tapi sesering apapun dan di manapun tempatnya, yang perlu diingat adalah: saat berburu kuliner di bulan ramadhan, yang kita nikmati itu moment-nya, bukan rasa menunya.

Lokasi: D'Cubes Hangout Point.

Nggak tahu sih ya kalau orang lain, tapi kalau gue, sahur dan buka puasa di luar itu feel-nya beda. Kayak 'kapan lagi bisa kayak gini? Belum tentu tahun depan ada kesempatan yang sama' terutama kalau berburu kulinernya bareng keluarga, temen, pacar, mantan, pacarnya temen, temennya pacar, pacarnya pacar temen, temennya temen pacar, temennya temen yang nggak punya pacar. Ataupun temennya temen yang nggak punya temen. Eh, gimana-gimana?

2. Main Game

Siapa bilang main game itu nggak produktif? Salah besar. Main game itu sebenarnya sangat produktif. Apalagi kalau game-nya yang bikin kesel. Kayak gue misalnya, main Hardest Game Ever 2 by Orangenose Studio. Kalau kalian main game ini, kalian bisa asah otak sekaligus asah iman. Karena game ini diciptakan untuk melatih emosi. Serius.




Link download for Android: https://play.google.com/store/apps/details?id=org.orangenose.games

Cobain deh. Kalau pernah main Bishi Bashi di PS 1, kira-kira kayak gitu.

3. Bikin Karya

Sebelum lebih jauh, gue mau kasih tahu dulu definisi karya. Menurut KBBI, karya adalah sesuatu yang dihasilkan dari proses pembuatan atau penciptaan. Dalam konteks ini, segala sesuatu yang kita ciptakan atau kita buat, semua itu termasuk karya. Kamu bikin puisi, itu karya. Kamu bikin video, itu karya. Kamu bikin kopi ngaduknya pake telunjuk, itu jorok. Tapi karya. Kamu bikin kesel warga satu komplek, itu kurang kerjaan.

Nah berarti, dalam konteks tadi, segala sesuatu yang kita ciptakan itu adalah karya. Terlepas dari seni atau bukan, bagus atau nggak, yang penting tetep karya.

Kalau gue, kemarin bikin stopmotion. Ya, setelah sekian lama nggak nyentuh kertas warna, gunting, spidol, dan alat-alat gambar lainnya, kemarin gue bikin stopmotion lagi. Dan selalu sama seperti biasanya, bagian paling malesin itu pas beres-beres:

Sekarang gue tahu betapa pentingnya beli vacuum cleaner.

4. Ikut Kegiatan Sosial

Di bagian ini gue mau sedikit pencitraan. Ehm. Jadi, gue sama temen-temen dari GIPScommunity mau ngadain acara buka puasa bareng anak-anak panti. Nama acaranya "Peduli Anak" dengan program #RuangRiung karena pas di acara kita bakal ngariung (ngumpul) di satu ruangan. Kenapa di ruangan? Karena kalau di pasar bukan bukber tapi jualan.

Acaranya akan diselenggarakan di Loop Station Bandung, tanggal 19 Juni 2016.

Bakal ada apa aja di acara ini? Yang jelas bakal ada gue. Oke maaf. Bakal ada banyak kegiatan kok:

-Ngabuburit
-Pembagian Awards
-Pembagian Souvenir
-Campaign of Character
-Buka Puasa Bareng

Jadi intinya, gue sama temen-temen dari GIPScommunity pengin ngadain acara buka bareng anak-anak panti yang nggak sekadar 'shit-and-go' atau bahasa manusianya 'habis makan pulang' tanpa ada kegiatan lainnya. Iya sih, dengan ngasih makan ke mereka aja kita udah termasuk beramal. Tapi kan, we can do more than that? So, berhubung ini bulan ramadhan dan udah ada wadah yang mau memfasilitasi, kenapa kita nggak realisasi? :)

Buat temen-temen yang mau gabung di acara ini baik domisili Bandung ataupun luar kota, bisa langsung hubungi:

Untuk mengenal GIPScommunity lebih jauh, bisa follow up via:

-Twitter: @GIPScommunity
-Instagram: GIPScommunity
-YouTube: GIPScommunity
-Line ID: GIPScommunity

Mari kita hidupkan jiwa sosial dengan kegiatan Charity. Karena itu kehadiran kamu begitu berarti. #SalamSosial #ShareIsCare #RamadhanProduktif

5. Tidur

Jujur aja tadi siang gue nggak ada kegiatan sama sekali. Jadinya gue tidur seharian. Seharian ya, bukan sepagian sampe sesorean. Cuma seharian. Jadi di siang harinya doang. Karena seperti kata Gugum Gumilar, sebagai manusia kita juga harus profesional. Kalau nggak ada kerjaan, ya tidur.

FYI, tidur di bulan ramadhan itu ibadah lho. Tapi bukan karena tidur itu ibadah, kalian jadi tidur sampe lebaran. Itu mah kelamaan. Senyenyak-nyenyaknya tidur, sadar dirilah bahwa kamu bukan putri salju.

***

Well, itulah beberapa hal yang gue lakukan di bulan ramadhan selama seminggu pertama ini. Khusus yang GIPScommunity, acaranya emang tanggal 19 Juni 2016. Tapi meeting team dan campaign-nya dari jauh hari bahkan sebelum bulan ramadhan. Kalau kamu udah subscribe YouTube Channel gue, mungkin udah nonton video campagin #RuangRiung "Peduli Anak" GIPScommunity. Kalau belum, bisa klik: https://youtu.be/vFhW9WW6oss

Coba tonton video-nya. Ada Indri lagi moonwalk di sana.

***

Tambahan:

Lebaran nanti gue mau ke Bekasi lagi, berguru ngedit gambar sama Widiya. Editan PicsArt-nya keren parah!

0 comments

Post a Comment