Thursday 4 February 2016

Ngantor Nggak Harus Di Kantor

Waktu kelas 2 SMA, salah satu guru gue bilang, "Meskipun begitu lulus dari sekolah ini kalian bisa langsung kerja, tapi saya akan lebih setuju kalo kalian jadi pengusaha." Beliau me-mindset gue untuk punya mental bisnis, bukan mental karyawan.

Kalo gue pribadi, sebenernya lebih ke do what you love and love what you do. Terlepas dari jadi pengusaha ataupun karyawan, yang penting tetep ngelakuin apa yang gue suka dan menyukai apa yang gue lakuin. Karena dari dulu gue percaya, kalo kita bisa menemukan pekerjaan yang kita sukai, maka kita akan dibayar untuk bersenang-senang.

Gue sendiri udah ngerasain yang namanya "dibayar untuk bersenang-senang" dari kelas 2 SMA. Kali pertama, gue dapet uang jajan dari social media sebagai pengelola iklan. Waktu itu gue diajak gabung ke salah satu media dan ditugasin buat jadi admin Twitter sekaligus ngurusin iklan. Berapa penghasilannya? 50 ribu dari satu client.

Lanjut ke tahun-tahun berikutnya, waktu gue punya smartphone dan mulai hobi ngutak-ngatik Android, gue dapet uang jajan dari jasa service Android. Nggak cuma service, kadang jasa nge-root juga. Yang lucunya, gue nggak pernah nawarin jasa service. Tapi konsumen dateng sendiri dari mulut ke mulut yang disebarin sama temen-temen gue.

Uang jajan atau penghasilan sampingan itu masih berjalan sampe sekarang. Bahkan mulai berkembang seiring dengan banyaknya hal-hal yang gue lakuin. Kalo dulu cuma dari social media sama service Android, sekarang jadi nambah sama jasa pembuatan video.

Padahal gue menekuni dunia audio visual baru beberapa bulan ke belakang. Dan itupun karena iseng semenjak punya akun Instagram. Lucu memang. Hal-hal yang gue lakuin karena emang dirasa menyenangkan, malah bisa jadi sesuatu yang menghasilkan.

Ini bukan pertama kalinya ada yang ngontak gue buat minta dibikinin video stop motion. Sebelumnya udah tiga kali. Dan kasusnya selalu sama, gue nggak punya patokan harga. Kenapa? Karena gue emang nggak buka jasa pembuatan video. Tapi mereka datang sendiri lewat komen di Instagram atau langsung nanya ke kontak gue.

Tapi ya, meskipun gue nggak buka jasa pembuatan video, kalo emang ada yang mau dibikin sih, tetep gue ladenin. Kan lumayan uangnya bisa dipake buat beli batagor. Ya namanya juga manusia. Harus profesional lah. Kalo ada yang mau ngasih uang, terima aja. Hehehe.

Apalagi kalo dapet bonus. Kayak pas kemarin gue bikinin video, selain dapet uang bayaran, gue juga dapet bonus jaket. Beuh!

Ciee jaketnya baru. Ciee dapet gratisan. Ciee harganya 165 ribu.

Satu hal yang gue pelajari dari pengalaman ini: tekunilah apa yang kamu sukai. Karena di saat orang lain meliriknya, hal itu bisa jadi ladang uang.

Tapi yang jelas, nggak usah maksain ikut-ikutan orang lain. Misalnya temen kamu dapet uang dari nge-band, kalo kamu nggak bisa main alat musik ya nggak usah maksa pengin jadi anak band buat dapet uang. Lakuin aja yang kamu sukai, yang kamu ngerti, yang kamu kuasai. Karena itu bakal lebih mudah untuk kamu tekuni.

Makin banyak yang kamu kuasai, bakalan makin bagus. Kesempatan buat dapet uangnya makin luas. Toh gue juga bisa dapet uang dari berbagai medium kok. Misalnya, yang belakangan ini lagi gue tekuni, jadi affiliate. Apa itu affiliate? Semacam bisnis yang dilakuin dengan cara promosiin barang/jasa orang lain. Ya, temen-temen kamu yang jadi reseller online shop itu termasuk affiliate.

Kurang lebih kayak gitu singkatnya. Affiliate cocok banget buat kamu-kamu yang punya banyak followers. Apalagi kalo kamu punya banyak media. Semakin banyak tempat promosi kamu, semakin  besar kemungkinan buat dapet penghasilan. Tapi ya, namanya juga "promosi", otomatis harus ngerti strategi. Terutama kalo mau main di social media. Harus tahu strategi digital marketing. Lain waktu gue share deh.

So, inti dari apa yang gue omongin adalah, ngantor itu nggak harus di kantor. Cari uang itu nggak harus pake seragam kerja, duduk di perusahaan selama berjam-jam. Pake baju bebas sambil ngopi juga bisa. Iya, jadi kuli bangunan. Oke bercanda.

Pokoknya, lulus sekolah itu bukan buat cari kerja. Tapi cari uang. Dan nyari uang itu nggak harus selalu dengan kerja. Bisa juga dengan usaha. Dan yang terpenting, bakal lebih bagus kalo dilakuin pas masih sekolah. Jadi di saat udah lulus dan belum dapet kerja, udah punya pengalaman usaha.

Gila, asik banget ya opini gue kali ini. Hahaha.

***

PS:

Gue nggak kuliah. Jadi tolong jangan mesen jasa yang aneh-aneh kayak minta benerin skripsi.

Tapi kalo benerinnya cuma rapiin tulisan kayak pake EYD, tanda baca, atau semacamnya, gue bisa. Kalo nyusun dari awal sampe harus research data, gue juga bisa sih, cuma males. Kalo nggak males mah, gue juga kuliah, keleus.

0 comments

Post a Comment