Monday 21 December 2015

Ngomongin Nyokap Gue

Hola, Im back!

Nggak kerasa udah satu bulan lebih gue belum update blog lagi. Harap maklum, belakangan ini gue emang agak sibuk ngurusin beberapa hal. Kalo kalian gimana? Sibuk apa aja? Masih sibuk move on? Gue doakan semoga masih.

Well, berhubung hari ini adalah Hari Ibu sedunia, sekarang gue mau ngomongin nyokap gue. Iya, ngomongin nyokap gue. Sengaja diulang untuk meyakinkan bahwa kalian nggak salah baca. First of all, I wanna to show you my mother, the amazing super hero in my life:

Happy Mother Day

Ya, selama sembilan belas tahun hidup di dunia ini, banyak banget hal yang gue lakuin bareng nyokap. Mulai dari gue masih berbentuk sel sperma dan berevolusi menjadi sosok mahluk hidup yang lebih layak, sampe sekarang gue nulis postingan ini, nyokap adalah satu-satunya super hero yang paling awesome dalam hidup gue. Dan gue sangat bersyukur memiliki beliau.

Sejak kecil, gue selalu bertanya, "Apa itu arti hidup senang?" ke nyokap. Dan sering kali nyokap menjawab dengan jawaban yang selalu sama, "Hidup senang adalah ketika Aka punya sesuatu yang orang lain nggak punya."

Jadi, menurut akal hemat nyokap gue, lo bisa dikatakan hidup senang ketika lo memiliki sesuatu yang orang lain nggak bisa memilikinya. Misal, lo punya iPhone 6s di saat semua temen-temen lo masih pada pake Android merk Cina. Itu udah termasuk hidup senang. Atau misalnya lagi, lo punya dua nyokap. Itu juga hidup senang. Iya, lo yang hidup, bokap lo yang senang.

Dulu, gue nggak ngerti apa maksud nyokap. Tapi seiring berjalannya waktu, perlahan gue mulai paham. Sekarang gue ngerti apa yang dulu nyokap bilang tentang definisi hidup senang. Ya, gue punya nyokap yang orang lain nggak punya! Nyokap gue cuma milik gue! Tsaqif dan Nasywa cuma gue pinjemin aja! Oke, nggak gini juga deng. Skip.

Kalo ngomongin nyokap gue, banyak banget hal absurd yang bisa gue share di sini. Tentunya, banyak juga dosa yang bakal gue tanggung karena udah nyebarin aib nyokap sendiri. Tapi tak apa, karena seperti kata Ustad Emul, sesungguhnya pintu maaf seorang ibu itu akan selalu terbuka untuk anaknya. Tapi pintu maaf itu entah berlaku atau enggak untuk dosa yang disengaja kayak gini. Semoga aja berlaku sih.

Ya udah, daripada terlalu bertele-tele, kita langsung aja ke yang pertama. Here goes!

***

1. Nyokap Gue Sosialita

Seperti yang kita semua ketahui, teman-teman, sekarang kita hidup di era teknologi. Dan sebagai salah satu bukti nyata kecanggihan dunia yang paling akrab dengan hidup kita adalah internet. Ya, ada banyak banget yang bisa kita dapetin dari internet. Menurut gue pribadi, internet itu udah kumplit parah. Buat orang-orang yang hidupnya mengutamakan komunikasi, ada berbagai macam aplikasi chatting. Buat orang-orang yang hidupnya penuh drama, ada berbagai macam social media. Buat orang-orang yang hidupnya nggak pernah bisa serius di sekolah, ada berbagai macam game online. Buat orang-orang yang bosen hidup sebagai jomblo, ada beberapa situs bokep.

Dengan internet, manusia jadi lebih mudah untuk mengekspresikan hidupnya. Nggak terkecuali nyokap gue. Sebagai ibu-ibu yang turut mengikuti perkembangan zaman, nyokap gue juga menjadi bagian dari internet. Ya, nyokap gue cukup aktif di beberapa social media. Nyokap punya facebook, dan sekali update status yang ngelike bisa sampe ratusan dalam hitungan menit. Ketenaran nyokap gue mampu mengalahkan Khodijah DJ Yellow di dunia maya. Selain facebook, nyokap gue juga punya Instagram, Path, dan yang paling parah pernah minta bikinin blog ke gue. Entah apa yang ada di pikirannya waktu itu.

Gue sendiri fine-fine aja kalo nyokap mau ikut gaul di social media. Cuma yang nggak enak itu adalah efek sampingnya. Semenjak nyokap kecanduan internet, komputer di rumah gue sempat menjadi korban keganasan beliau. Gue masih inget banget, waktu itu gue kelas enam SD. Tahun itu, nyokap gue jadi sering duduk di depan komputer selama berjam-jam sambil ketawa-ketawa sendiri.

Beberapa tahun kemudian, bokap membelikan seperangkat alat online berupa smartphone Android Samsung Galaxy Grand. Dan semenjak insiden itu, nyokap gue jadi semakin brutal. Nggak cukup dengan social media, nyokap juga mulai aktif pake aplikasi chatting. Gaul sih, tapi penggunannya yang salah gaul. Pernah satu waktu, terjadi percakapan seperti ini:

Nyokap: "Ka, udah makan belum?"

Gue: "Belum."

Nyokap: "Makan dulu sini, ibu di dapur udah masak."

Nyokap: "PING!!!"

Nyokap: "PING!!!"

Nyokap: "Read BM!"

Gue: "..."

Padahal gue di kamar. Dan jarak dari kamar gue ke dapur cuma beberapa langkah. NGAPAIN LEWAT BBM? KENAPA NGGAK NGETUK PINTU KAMAR AJA?!

Setelah gue keluar dari kamar, gue pun langsung menuju dapur untuk ngambil makan dan mengklarifikasi tindakan nyokap yang udah kelewat batas ini.

"Bu, kenapa sih harus lewat BBM? Kan bisa ngetuk pintu kamar Aka. Mana ngechat-nya rusuh pula."

Nyokap jawab, "Yee, suka-suka ibu dong! Ini kan BBM ibu. Emangnya ini BBM kamu? BBM temen-temen kamu? Temen kamu punya BBM emang? Invite dong pin ibu."

Selera makan gue mendadak hilang.

Selain jadi males jalan dari dapur ke kamar gue, gara-gara internet nyokap juga jadi sering marah-marah. Sumpah, ngamuknya ibu-ibu yang kecanduan internet jauh lebih horor daripada ngamuknya Ahok di televisi. Waktu itu kejadiannya pas gue lagi asik main game di kamar, tiba-tiba nyokap dateng sambil curhat masalah internet.

"Ka, ini internetnya mati. Ibu nggak bisa update status. Kira-kira kenapa ya?" tanya nyokap pada gue, dengan penuh rasa heran di tatapannya.

"Lah, nggak tahu?" jawab gue santai.

"Ya kamu tolong benerin dong, kali aja ada yang rusak atau apa gitu."

"Benerin sendiri lah? Aka lagi main game."

"Ini internet ibu mati, Ka."

"Iya coba cek kenapa."

"INI INTERNET IBU MATI!"

"Uhh.. oke, oke.."

Kemudian gue ngecek hp nyokap.

"Gimana, Ka? Ada masalah apa itu?" tanya nyokap, nggak sabaran.

"Oh, ini sih.."

"Kenapa? Kenapa? ADA MASALAH APA?!"

"BELOM SELESAI NGOMONG!!"

"Oke, santai, Ka, santai. Ibu datang dengan damai, santai." jawab nyokap sambil ngacungin salam dua jari.

"Ini sih paket internet ibu udah abis." kata gue menjelaskan.

Nyokap mengenyitkan dahinya, "OH! Iya lupa, tadi ibu download lagu!"

"..."

Buat yang mau add facebook nyokap gue:

Ngomongin-Nyokap-Gue

Nyokap kalian gimana? Punya facebook juga nggak? Sini gue add.

2. Nyokap Gue Suka Begadang

Masih berhubungan sama poin yang pertama, akibat kecanduan sama social media, nyokap gue jadi sering begadang. Kebetulan mayoritas temen-temennya (sumpah gue masih nggak percaya ternyata ibu-ibu yang suka begadang main facebook itu banyak) juga sering aktif di dunia maya sampe tengah malem.

Gue, yang dari kelas tiga SMA sering begadang karena tugas sekolah yang si anjir susah semua banyak banget, jadi sering begadang bareng sama nyokap. Kadang nyokap begadang di kamar gue, buat nemenin gue ngerjain tugas. Dan tentunya gue pura-pura bisa aja ngerjainnya supaya nyokap nggak banyak ngomel.

Kegiatan begadang bareng sama nyokap jadi makin sering dilakuin, dan lama-lama jadi semacam hal yang wajar. Mungkin ini juga bisa disebut sebagai quality time karena kalo siang, gue agak jarang di rumah. Bahkan, beberapa kali gue sempet dibantuin bikin vidgram oleh beliau. Lumayan, punya crew gratis buat jagain kestabilan kamera. Tapi yang paling sering dilakuin waktu begadang itu adalah nyanyi. Iya, gue main gitar, nyokap nyanyi, jam 12 malem. Dan kami cuek-cuek aja. Sungguh tetangga yang ngeselin bagi orang-orang di sekitaran rumah gue.

Selain sibuk dengan facebook-nya, biasanya juga nyokap suka sambil cerita-cerita kalo lagi begadang bareng. Kadang nyeritain hal yang terjadi siang tadi, kadang nyeriain masa lalu gue, kadang juga nyeritain Pak RT yang ketahuan selingkuh sama tukang seblak di belakang rumah. Bagi gue, begadang bareng sama nyokap itu seru banget. Makanya waktu kemarin kerja di Jakarta selama satu bulan, gue agak kehilangan temen begadang.

Buat yang nggak percaya kalo nyokap gue suka begadang, tanya aja ke si Candra (@Candraardian10), yang pernah begadang bareng gue sama nyoka sampe subuh! Ngomongin aib-aib gue di masa kecil. Kampret emang. 

3. Nyokap Gue Temen Curhat

Entahlah kalo orang lain, tapi hubungan gue sama nyokap itu kayak temen. Iya, kayak temen akrab! Dan gue emang nyaman sama sosok nyokap yang kayak gini. Bisa ngikutin anaknya buat interest sama mindset ataupun pergaulan.

Mungkin awalnya karena sering begadang bareng, jadinya komunikasi gue sama nyokap jadi lebih terbuka dan luas. Udah sering banget gue sama nyokap saling share and care, tapi dengan cara kami tentunya. Pernah satu waktu, nyokap gue curhat kayak gini:

"Ka, ibu lagi sedih. Kenapa ya temen-temen ibu pada jahat. Padahal waktu mereka lagi susah dan butuh uang, ibu kasih pinjem. Giliran ibu nagih karena lagi butuh, mereka malah seenaknya. Nggak bisa bayar karena alasan ini lah, itu lah, tapi bisa beli barang-barang."

Belum sempat gue ngomong buat ngasih masukan positif, nyokap udah ngomong lagi.

"Tapi tadi ibu baca di google, kata Mario Teguh juga ibu nggak boleh sedih. Ibu harus kuat."

Sumpah, gue ngakak denger itu. Bisa-bisanya nyokap gue kenal Mario Teguh dari google. Apa-apan ini.

Tapi ya, gimana pun juga, nyokap gue adalah sosok temen curhat paling asik buat sharing. Makanya, dari dulu, gue selalu ngenalin pacar-pacar gue ke nyokap. Bahkan setiap kali putus dan punya pacar baru, gue pasti cerita ke nyokap. Dan nyokap juga ngerespons dengan welcome banget, bahkan nyokap gue bisa akrab sama pacar. Jarang lho, ada orangtua yang bisa welcome ke pacar anaknya. Gue sendiri nggak begitu deket sama orangtua mantan-mantan pacar gue. Nggak tahu kenapa, mungkin karena gue emang jarang ketemu orangtua mereka. Bahkan ada yang belum pernah. Oke, itu persoalan lain. Next.

4. Nyokap Gue Lagi Baca Postingan Ini

Terakhir, nyokap gue itu care banget sama gue. Over care malah. Makanya, beliau suka baca-baca postingan di blog ini. Gue sendiri nggak tahu dari mana awalnya nyokap bisa tahu blog ini, soalnya gue nggak pernah ngasih tahu kalo gue punya blog. Tapi pada suatu hari, tiba-tiba aja nyokap bilang bahwa beliau baru aja baca salah satu postingan gue.

Semenjak itu, nyokap jadi makin sering baca-baca postingan di blog ini. Nggak cuma blog sih, kadang juga nyokap stalk akun instagram gue cuma buat liat-liat vidgram yang gue bikin. Entah apa motivasinya.

Tapi ya udah lah ya, mumpung nyokap gue lagi baca, sekarang gue cuma mau bilang, "Happy Mother Day, Mom!"

Ini adalah ucapan selamat hari ibu yang kedua. Gue masih inget (ibu masih inget nggak?) kalo dulu gue pernah bikin tulisan selamat hari ibu di kertas, yang gue hiasi dengan gambar. Gue bikin itu waktu lagi di rumah nenek, dan gue tahu bahwa hari itu adalah hari ibu pas liat iklan di tv. Awalnya gue nggak tahu hari ibu itu apaan, tapi liat beberapa iklan, gue langsung ngerti.

Waktu itu gue masih SD. Kelas dua kalo nggak salah (FYI, waktu masih TK gue udah bisa baca lancar dan kelas satu SD udah bisa nulis rapi). Gue ngambil kertas dari buku yang ada di lemari Om Deni, terus gue nyoba ngegambar nyokap. Di situ gue sisipin beberapa tulisan, terus gue kasiin ke nyokap. Udah lama banget ya, waktu SD dan sekarang gue udah lulus SMK.

Selama sembilan belas tahun, gue cuma ngucapin happy mother day dua kali. Parah emang. Tapi apalah artinya mother day, karena bagi gue, everyday its our day! Thanks God, for give me supermom. Im so lucky for it.

Even if I grow old, I'll never grow up. Cause I wanna be your kids, always, mom. Ya, meskipun gue bertambah tua, tapi gue nggak mau menjadi dewasa. Gue ingin selalu menjadi anak kecil, karena gue tahu jadi dewasa itu ribet. Terutama kalo punya anak kayak gue. Eh, gimana, gimana?

Well, ini lah kisah gue sama nyokap. Mana kisah lo? Mau sharing? Email aja, gue dengan senang hati bakal baca!

***

PS:

Buat kalian yang selalu ngerasa sedih karena nggak punya pasangan di hari valentine, jangan bodoh. Masih banyak di luar sana yang nggak punya orangtua di hari ibu. #BOOM!

1 comments:

  1. Borgata Hotel & Casino | New Jersey
    Borgata Hotel & Casino is the premier casino resort destination in New septcasino Jersey, kadangpintar with an all-suite casino with tons of entertainment 바카라 사이트 and fine dining

    ReplyDelete