Friday 6 November 2015

Hijrah Ke Jakarta

Oke, gue berubah pikiran. Setelah mengikuti berita dan staytune di social media yang akhir-akhir ini lagi sering ngebahas asap kebakaran hutan, akhirnya gue mengurungkan niat untuk kerja di Kalimantan. Bukan masalah asapnya. Tapi karyawannya. Iya, mereka pada pulang kampung semua.

Tapi meskipun begitu, alhamdulillah di tempat lain masih ada lowongan pekerjaan. Yap, sekarang gue kerja di Jakarta, sebagai content writer di salah satu web yang fokus ngebahas teknologi, otomotif, ilmu pengetahuan, dan review film bioskop.

Banyak yang nggak nyangka kalo akhirnya gue bakal kerja menjadi content writer. Sebagai lulusan analis kimia, gue sering banget dapet pertanyaan "Knapa ujung-ujungnya malah kerja di web?" Sebuah pertanyaan yang seolah-olah mengatakan bahwa, "Kalo lo lulusan A, ya udah kerja di A."

Men, menurut gue, skill itu nggak dibatasi oleh profesi. Oke gue lulusan analis kimia. Tapi gue juga punya keterampilan di bidang lain. Ya kayak nulis-nulis artikel di web, misalnya. Jujur, gue nggak ngerti sama mindset kebanyakan orang Indonesia. Kenapa sih harus selalu sejalur sama profesi? Kenapa lulusan kimia harus kerja di kimia juga? Mungkin banyak yang mengira, bahwa lulusan analis kimia itu cuma bisa dua hal: menganalisa dan ahli kimia. Sotoy banget. Gue nggak bisa dua-duanya!

***

Oke, sekarang gue mau cerita dikit tentang pekerjaan gue di Jakarta. Ya sekalian sharing juga buat temen-temen yang mau kerja, siapa tahu bisa jadi bahan motivasi. Hehehe.

Gue kerja di Meruya, Jakata Barat. Lokasinya deket sama Universitas Mercu Buana. Berhubung kerjaan gue adalah nulis-nulis artikel di web, udah pasti meja kerja gue ada komputer yang punya akses internetnya. Kayak gini:


Iya, cowok keren itu kalo nulis pake bensin.

Kalo ngomongin tempat kerja, secara pribadi gue cukup nyaman sama tempatnya. Selain karena bebas, koneksi internetnya ngebut parah. Iya, saking ngebutnya, kalo nonton YouTube nggak pernah ada buffering. Saking ngebutnya, kalo teleponan atau video call di aplikasi instant messenger, nggak pernah putus-putus suaranya. Saking ngebutnya, gue kalo ngetweet hari ini, kekirimnya kemarin. Gila. Ditambah lagi, ruangan kerjanya luas:


Iya, di tempat kerja gue emang bebas. Ngantor pake boxer doang juga no problem.

Sebenernya bisa bebas gini karena bos gue emang jarang ada di tempat kerja. Dan karena web tempat gue kerja ini bukan perusahaan (masih independen). Ya, sebenernya gue bukan kerja di kantor. Tapi di rumah. Tapi untungnya rumah ini dua lantai. Keluarga si bos di lantai satu, tempat gue kerja di lantai dua. Dan untungnya lagi, untuk ke lantai dua nggak harus lewat lantai satu. Jadi udah ada tangga khusus buat ke lantai dua. Kayak kost-kostan gitu lah.

Oh iya, buat yang sempet mikir gue tidurnya di karpet, kalian salah. Gue tidurnya tetep di kasur kok. Jadi, di lantai dua itu ada dua ruangan. Pertama khusus tempat kerja, kedua khusus buat kamar:


Gue juga nggak ngerti apa fungsi manekin di atas sana.

Terus yang bikin gue bisa lebih ngirit duit, fasilitas di sini terbilang kumplit. Setiap hari ada jatah makan dua kali. Tentunya makanan yang udah siap santap. Jadi, si Om Andi punya asisten rumah tangga gitu. Nah, setiap kali masak, suka sekalian buat para karyawan web. Menunya juga ganti-ganti. Misal hari ini makan sama kangkung dan tahu, besok makan sama daging ayam dan buncis. Atau misalnya hari ini makan sama telor bumbu pedes, besok makan sama bumbu pedesnya aja.

Selain jatah makan, ada fasilitas lain juga. Kayak cemilan, sarapan (biasanya roti atau gorengan), kopi, energen, teh, air aqua galon, gula, sabun, es batu, sampo, beras, semua gratis! Dan setiap kali abis, boleh langsung isi ulang! Jadi misalnya kopi udah abis, gue tinggal bilang ke Om Andi. Terus Om Andi langsung beliin stock kopi lagi. Di luar fasilitas sehari-hari, ada fasilitas tambahan juga kayak kipas angin di setiap ruangan, wc, gitar plus amplifier, tv, dan barang-barang lainnya. Udah mantep parah sih emang.

Kalo ngomongin kerjaan, gue cukup nyaman sama kerjaannya. Soalnya emang udah basicly as blogger, jadinya gue cukup cepet buat ngerti sama prosedur kerja. Terus kalo misalnya udah beres kerja, internet boleh bebas dipake buat apa aja. Lo mau main game, nonton YouTube, atau buka-buka social media, free! Makanya gue betah banget diem di meja kerja. Saking betahnya, meja kerja gue kayak gini:


Sungguh meja kerja yang tidak profesional.

Nggak tahu sih ya sama orang lain, tapi kalo gue pribadi, "Kalo meja kerja nggak berantakan itu rasanya bukan meja kerja. Tapi meja belajar." Karena menurut gue ya, merja kerja yang berantakan itu seru. Meja kerja yang berantakan itu asik. Dan meja kerja yang berantakan itu membuktikan bahwa gue emang bener-bener kerja. Bandingin aja coba sama merja kerja para koruptor berkedok DPR Indonesia. Pfft. Rapi banget. Wong mejanya cuma dipake buat nyimpen laptop doang. Cuma ya kalo meja kerja gue, risikonya kadang kalo lagi kerja suka salah fokus. Niat mau megang mouse malah megang asbak.

Overall, kerjanya gampang banget kok sumpah. Gue cuma nulis-nulis artikel doang. Dan karena kerjaan gue full duduk di depan komputer, maka olahraga adalah salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan minimal seminggu sekali:


Ya, di saat yang lain masih asik futsal, gue udah tepar duluan. Jakarta gerahnya ngajak berantem banget emang.

Selain futsal, gue juga suka olahraga kecil di tempat kerja. Kayak misalnya dari kasur ke meja kerja majunya sambil push up. Atau setiap lagi ngadem, kipas anginnya gue diemin. Kepala gue yang gerak-gerak. Ujung-ujungnya keringetan juga. Ya ngapain ngadem ya? Oke, itu persoalan lain.

Well, belum banyak yang bisa gue ceritain karena gue juga baru seminggu (tapi sumpah rasanya kayak udah sebulan—kangen Bandung woy!) kerja di sini. Ada sih beberapa hal bego yang mau gue ceritain, kayak misalnya kisah si Iqbal (rekan kerja gue) yang ngeceng si Ratna sang asisten rumah tangga Om Andi. Atau kisah gue sama si Bobi (keponakan Om Andi) yang absurd parah waktu pertama kali kami bertemu. Dan beberapa hal bego lainnya.

Tapi itu untuk postingan lain waktu, karena sekarang gue baru aja selesai ngedit template blog (ya, setelah hampir setahun nggak ganti tampilan blog, akhirnya gue punya waktu buat ngedit-ngedit template lagi) dan keburu ngantuk. Gue ngedit template ini dua jam, men. Saking lamanya nggak ngedit HTML, sampe sempet lupa beberapa kode. Murtad sekali.

***

Hellyeah, segini aja dulu yang bisa gue share di postingan kali ini. For next, gue bakal share lebih banyak hal.

Sebenernya postingan ini emang sengaja dibikin singkat karena niatnya cuma buat temen-temen yang nanyain gue kerja di mana, kerja jadi apa, ngapain aja, dan blablabla. Jadi ya, semacam quick post gitu.

Ya udah, gue mau tidur dulu sekarang. Berat kantung mata udah naik beberapa gram.

***

Tambahan:

Belakangan ini gue sama Iqbal lagi kerajingan neleponin orang via Whatsapp atau Line. Buat ngobrol-ngobrol ringan aja. Jadinya gue sama Iqbal kayak siaran radio gitu. Hahaha. Nah, barangkali lo mau ngobrol-ngobrol bareng gue sama Iqbal via Whatsapp atau Line, chat aja ya! Ntar gue yang telepon deh. Serius.

Line: rakaprasetyaa.
Whatsapp: 085606457691.

Bye!

0 comments

Post a Comment