Friday 19 February 2016

Fitur Baru Instagram

Entah karena musim dingin atau daya tahan tubuh gue lagi bapuk parah, belakangan ini gue ingusan lagi. Meler lagi. Dan sering pusing disertai mual-mual. Nggak, gue nggak hamil. Cuma flu biasa. Anehnya, keluarga di rumah pada sehat semua. Cuma gue doang yang ingusan. Padahal kami semua makan nasi yang sama, minum air yang sama, mandi pake sabun yang sama, dan tidur di rumah yang sama. Tapi yang kena flu cuma gue seorang.

Di manakah letak keadilan dalam dunia peringusan?

Tapi alhamdulillah juga sih, flu kali ini cuma ingusan dan bersin-bersin doang. Kalo bulan kemarin sempet batuk sama panas. Dan alhamdulillah lagi, flu kali ini ada yang longokin. Huehehe.


Gue juga nggak ngerti kenapa ekspresinya seabstrak itu.

Makasih lho biskuat cokelat sama bear brand kalengnya! Lain kali kalo mau ngelongok lagi bawain donat madu sama coca cola ya. Dan oh, yang ada namanya!

***

Ehm. Btw, some update. Instagram gue di-rebuild. Semua vidgram bergenre komedi dihapusin. Tapi udah gue backup ke YouTube. Dan rencananya, kalo gue bikin video komedi lagi, bakalan langsung gue upload ke YouTube. Bisa subscribe di: youtube.com/rakaprasetyaa

Terus akun Instagram gue gimana? Sekarang sih masih under construction. But almost done! Gue sengaja rebuild buat ngubah konsep. Mulai sekarang, semua post di Instagram gue bakalan pake border warna-warni. Inspirasinya dari Aulia Wirizqi. Keren aja sih, timeline jadi lebih berwarna dan lebih rapi. Monggo intip di: instagram.com/rakaprasetyaaa

Selain akun Instagram, nomor Whatsapp dan Email gue pun ganti lagi. Ganti nomor Whatsapp karena device baru install ulang, sedangkan ganti email karena lupa password. Mana passwordnya pake kombonasi huruf kapital, angka, dan simbol pula. Gara-gara nggak ditulis di note, walhasil sekalinya lupa langsung repot.

Well, nomor Whatsapp baru gue:
0896-9602-3039

Email baru gue:
statuga@yahoo.com

Karena udah tiga kali ganti email pake gmail, sekarang pake yahoo biar beda.

And last, buat yang nanyain Snapchat, gue emang pernah bikin. Username-nya rakaprasetyaa. Tapi aplikasinya udah gue uninstall. Masih lebih enak share moments di Twitter sih. Lagian kan Twitter juga udah support record and upload video.

***

Nah, ngomong-ngomong soal Instagram, sekarang gue mau sedikit berbagi opini tentang social media tersebut. Atau mungkin lebih tepatnya curhat. Iya curhat. Tentang keresahan gue terhadap pengguna social media, terutama Instagram.

Pertama, gue agak bingung sama kelakuan orang-orang yang kalo upload di Instagram nulis "no caption" di caption.

Gue ulangi,
Nulis "no caption" di caption.

Itu ibaratnya kayak lo nanya, "Bang, martabaknya berapaan?"

Tapi nanya ke tukang cireng.

Men, lo nulis "no caption" di caption itu udah termasuk caption. Lagian, kalo emang nggak mau nulis caption, tinggal nggak usah diisi. Langsung upload aja. Kenapa harus bikin orang lain pusing? FYI, gue lumayan sering upload langsung tanpa nulis caption. Dan semuanya berjalan lancar, saudara-saudara.

Kedua, gue juga heran sama akun Instagram (kecuali onlineshop) yang di-private, tapi setiap ada orang yang request ngefollow, langsung di-acc tanpa seleksi. Ya kalo gitu mah, ngapain di-private? Private kan supaya nggak sembarang orang bisa stalk. Berarti cuma orang terpilih doang. Kalo semua yang request langsung diconfirm, apa ngaruhnya? Kalo misalkan nge-private akun dengan tujuan supaya nggak bisa distalk oleh beberapa orang, ya udah...

Block aja akun mereka.
Instagram punya fitur block kalo belum tahu.

Ketiga, gue udah paling nggak ngerti lagi sama orang yang nulis "Followback? Spam like" di bio Instagram. Atau yang lebih absurd ngemis-ngemis (bahkan sampe maksa) minta like ke temennya sendiri. Buset. Ini orang hidupnya kurang piknik atau gimana?

Ya semua pengguna Instagram juga tahu tombol Like itu buat ngelike. Jadi kalo mereka suka sama konten kita, tanpa disuruh atau dipinta pun mereka bakal ngelike. Ya meskipun emang ada sih beberapa tipe yang diem-diem suka, tapi nggak mau ngelike. Tapi ya apa masalahnya? Jumlah like itu bukan standar suatu karya dibilang bagus, kan?

Yang gue tahu, ketika kita melempar suatu karya ke publik, itu akan jadi milik publik. Mereka mau suka atau enggak, mau ngelike atau ngomen, mau muji atau kritik, ya itu urusan mereka. Urusan kita cuma berkarya dan terus berkarya lebih baik lagi. Iya sih, dapet banyak like di Instagram itu rasanya menyenangkan. Tapi lebih menyenangkan kalo dapetnya alami.

Gue sih nggak ngemasalahin "Tap 2x" atau "Like this post" yang ditaro di caption, karena itu kebilang wajar. Minta like untuk karya yang udah dibuat. Tapi kalo sampe minta spam like cuma buat followback atau maksa-maksa temen ngelike, itu udah diluar waras. Masalahnya bukan berapa jumlah like yang didapet, tapi dari mana like itu berasal.

Dan jujur, gue lebih seneng dapet komentar di Instagram daripada dapet like cuma karena pengin dilike balik. Iya, ada tipe manusia yang ngelike postingan orang karena pengin dilike balik. Kalo nggak dilike balik, biasanya mereka nggak bakal ngelike postingan kita lagi. Sehat? Kalo gitu mah, gue setiap hari upload poto galon aqua sama charger samsung aja. Terus ngefollow 1000 orang. Minta followback pake cara nyepam like, alhasil koleksi poto galon dan charger gue pun dapet banyak like.

Gue lebih seneng dapet komentar karena menurut gue, ketika orang lain ngomen (apalagi kalo sesuai sama konten), berarti mereka nyimak. Ya, minimal mereka nyimak konten yang gue upload. Nggak cuma scroll timeline, tap 2x, scroll lagi. Itu mah sampah.

Untungnya, developer Instagram ngerti banget sama keresahan gue yang satu ini. Karena nanti, Instagram bakalan punya fitur viewer di setiap video yang diupload. Mirip sama fitur yang ada di Path.


Dan kita tetep bisa ngeliat siapa aja yang nge-like video yang kita upload:


Info ini diupdate di blog resmi Instagram. Bisa dicek di: blog.instagram.com

Semoga fitur ini cepat direalisasikan. Dan semoga nggak bakal ada "Followback? Spam view" di bio Instagram kalian.

Btw, selain fitur viewer, fitur terbaru Instagram sekarang adalah switch account. Jadi, kita bisa pindah-pindah akun tanpa harus sign out dulu. Notif yang masuk pun ada username-nya. Kalo di Instagram kalian nggak bisa, coba diupdate dulu aplikasinya di Store masing-masing. Soalnya fitur ini cuma available di Instagram versi terbaru. Fitur ini support di iOS dan Android. Dan berguna banget buat reseller, pemilik onlineshop, atau yang emang punya akun lebih dari satu.

Well, itulah beberapa keresahan gue (yang ditulis supaya postingan ini jadi lebih panjang aja) dan fitur baru Instagram di masa mendatang. Keep gramming, guys!

***

Tambahan:

Dear reseller, onlineshop, dan siapapun kamu yang main tagar, perlu diketahui bahwa tagar nggak berfungsi kalo akunnya di-private. Kalo mau eksis lewat tagar, set ke public account. Gitu.

0 comments

Post a Comment