Wednesday 5 February 2014

Cara Mengatasi Masalah BBM di Android

Setelah mencantumkan PIN bbm di blog, kontak bbm gue mulai bertambah. Sedikit demi sedikit mulai banyak yang nge-invite.

Karna gue orang nya maha baik, jadi gue acc aja, ga pilih pilih kontak. Awalnya gue seneng karna seengga nya bbm gue ada guna nya juga. Tapi kok makin sini makin banyak yang sering ganti ganti pesan status ya..

Masalah nya mereka ganti pesan status sangat rutin, hampir 10 menit sekali di ganti. Dan bbm di Android (karna gue pake Android) itu kalo ada pemberitahuan temen yang ganti pesan status nyedot kuota. Nah masalah kedua adalah kontak gue bukan cuma satu atau dua orang. Tapi jutaan men!

Sekarang bayangin kalo satu orang ganti pesan status tiap 10 menit sekali dan dia on bbm kurang lebih 10 jam per hari (sisa nya dipotong waktu sekolah, tidur, dll). Kalo satu jam dia ganti pesan status 6 kali, maka sehari nya dia ganti pesan status 60 kali.

Itu baru satu orang, sedangkan di kontak gue ada kurang lebih 30 orang yang kayak gitu. Itungan nya: 60 dikali 30 hasilnya 1.800 pemberitahuan ganti pesan status. Itu pun dalam sehari, gimana kalo seminggu? Sebulan? Berapa banyak kuota gue yang terhisap cuma buat pemberitahuan bbm?

Sungguh pemborosan yang sangat sia-sia. Lagian itu bbm kan buat chatting, bukan buat update update yang ngga penting. Ternyata mereka salah gaul. Kasihan. Iya, kasihan gue nya yang jadi korban.

Kampret...

***

Tapi ngomongin soal bbm, ada hal lain yang bikin gue kesel. Bbm di Android bikin batre jadi lebih boros, itu karna pemberitahuan yang tadi masuk, karna auto refresh dan real time, maka selain kuota, batre pun lebih cepat boros. Mengingat kontak bbm banyak yang alay, jadinya batre hp gue berkali lipat lebih boros.

Akhirnya gue cari cara supaya masalah itu bisa di selesaikan tanpa ada pihak yang merasa dirugikan. Tadi nya mau hapus kontak tapi nanti disangka sombong, yaudah gue pake cara lain yang akan gue share kali ini.

Nah, buat kalian yang lagi mengalami musibah seperti diatas, ini dia cara mengatasi pemborosan kuota dan batre versi Raka P.A:

1. Untuk masalah kuota, kalian bisa atur di pengaturan bbm. Caranya: tekan pilihan, pengaturan, cari "tampilkan apa yang di dengarkan orang lain" tekan off. Terus gulir kebawah dan cari lagi "tampilkan semua pemberitahuan" tekan off juga.

Itu fungsi nya untuk mengurangi data kuota yang masuk supaya auto refresh nya ngga real time. Jadi kuota ngga terlalu kesedot banyak.

2. Untuk masalah batre, gue dapet referensi di sebuah blog bahwa skin atau tema bbm juga berpengaruh untuk batre. Di Blackberry Q10 skin bbm warna nya hitam dan itu mampu mengurangi pemborosan batre untuk beberapa persen.

Ya karna gue orang nya gampang percayaan, gue langsung coba aja buat ganti skin bbm gue jadi warna hitam. Karna warna asli skin bbm Android itu biru putih.

Dan ini tampilan bbm baru gue:


Screenshot layar beranda bbm.


Screenshot kontak bbm.


Screenshot chatting di bbm dengan isi minta makanan karna laper tengah malem.

Dan setelah gue ganti skin ternyata hasilnya cukup memuaskan, tampilan lebih elegan dan ngga terlalu monoton seperti tampilan original nya.

Untuk beberapa tipe smartphone, warna memang berpengaruh pada batre, itu karna kemampuan smartphone dalam membedakan kecerahan warna. Semakin banyak warna, semakin boros. Semakin simpel, maka semakin hemat.

Sekarang masalah di bbm gue sudah teratasi.

***

Oh iya, di Android dan iPhone ada satu aplikasi yang sangat unik. Nama nya Catwang, itu buat ngedit foto dengan icon muka kucing. Cocok banget buat para cowok yang suka selingkuh, tinggal edit wajah kalian pake icon muka kucing garong.

Selain editan nya lucu, wajah pun tampak lebih keren. Gue sempet coba aplikasi ini. Buat yang mau liat, silahkan di cek:


Coba perhatikan, betapa hina nya wajah mereka.

Oh iya, itu anak kucing yang baru lahir. Si Abu kucing betina gue baru berkembang biak. Hebat nya dia bisa beranak tanpa suami.

Anak kucing itu akan punya tanda tanya besar sepanjang hidup nya, dengan judul "Misteri siapa bapak kami?"

Lagian si Abu mau mau nya dihamilin sama kucing yang ngga bertanggung jawab. Padahal kasih sayang orang tua sangat dibutuhkan untuk anak kucing seusia mereka.

Ah yaudah lah, lagian mereka cuma kucing.

***

Tambahan:

Aplikasi Catwang bisa di download di Play Store (Android) dan di App Store (iPhone).

Untuk skin bbm Android bisa di edit sendiri. Background pun bisa pake gambar. Cuma gue pilih yang item polos buat menghemat batre.

***

Bonus:

Oh iya, BBM for Android itu ngga bisa sambungin mp3 yang di play ke BBM kayak Blackberry pada umum nya.

Jadi kalo mau gaya kayak mereka yang pake BB, caranya ketik manual aja di pesan status. Contoh:

"#NP: Unkown Artist - Track 10"

Terus tambahin: Lagu dugem itu..

Sekian Tips ngaco dari gue. :))

0 comments

Post a Comment