Friday 29 April 2016

Menjawab Pertanyaan Jani

Well, kemarin gue dapet curhatan (kenapa dapetnya curhatan mulu sih, sesekali dapet iPhone atau apa gitu yang bisa dipamerin huhuhu) dari Jani. Dan seperti kebanyakan remaja lainnya, kasus yang dialami Jani adalah masalah percintaan. Jani suka sama salah satu cowok, tapi nggak berani buat ungkapin perasaan itu ke orangnya. Di sisi lain, si cowok ini nggak peka-peka tehadap kode yang Jani kasih.

Ya, buat cewek-cewek yang selalu bingung kenapa cowok nggak peka kalo dikasih kode, mungkin doi bakalan peka kalo dikasih santet. Lebih manjur, btw.

Ehm.
Nah, waktu gue tanya Jani kenapa dia nggak berani buat ungkapin, Jani bilang karena takut. Dia takut si cowok bakalan ngejauh kalo Jani bilang suka duluan. Sampai di obrolan ini, gue jadi berpikir, mungkin menurut Jani mengungkapkan perasaan suka itu sama artinya kayak nawarin gabung MLM.

Jani bilang, dia takut dianggap murahan karena dia cewek. Jadi, menurut logika Jani (dan mungkin sebagian besar cewek di Indonesia), kalo cewek bilang suka duluan ke cowok itu artinya cewek murahan. Dan ini jawaban gue:

Ya, cewek yang mau mengungkapkan perasaan suka atau cinta ke cowok adalah cewek yang berani.

I mean, girls, you should change your mindset. Cause in love, we not talk about gender. We talk about feeling. Kenapa harus selalu cowok yang bilang duluan? Kenapa cewek yang bilang duluan dianggap murahan? Paradigma ini udah terlalu mainstream dan salah. Menurut idealisme gue, cewek selalu punya hak untuk berkata lebih dulu. Kenapa? Karena buktinya banyak cewek yang sering mutusin duluan. Kok waktu pacaran harus cowok yang nembak, tapi pas putus boleh cewek yang mutusin? Emang kampret tuh mantan gue.

Gini, kalo cewek selalu nunggu ditembak, harusnya dia selalu nunggu diputusin. Karena nembak atau mutusin itu sama-sama "keputusan" atau "mengambil tindakan". Kalo cewek boleh mutusin duluan, berarti cewek juga boleh nembak duluan. Kalo cewek boleh nembak duluan, berarti cewek boleh ungkapin perasaan suka duluan. See? We dont talk about gender.

Kenapa cewek berani mutusin duluan? Karena dia merasa udah punya kekuasaan buat mengambil keputusan? Kenapa mutusin duluan berani tapi nembak nggak berani? Kenapa marah-marah duluan berani tapi bilang suka duluan nggak berani? Padahal, bilang suka lebih enak didengar daripada marah-marah. Ngajak pacaran lebih enak dirasa daripada mutusin. Kenapa hal-hal jelek berani memulai, sedangkan hal-hal baik nggak berani? Di mana emansipasi wanita zaman sekarang? Kartini pasti kecewa kalo tahu ini.

Bilang suka atau cinta, ngajak pacaran atau memutuskan hubungan, nggak ada kaitannya sama gender. Semua punya hak yang sama. Mau cowok atau cewek, kita punya hak bersuara, berekspresi, bahkan memilih. Nggak usah dibawa ribet. Kalo suka, bilang aja suka. Kalo mau ngajak pacaran, tinggal ajak pacaran.

Tapi ini bukan salah cewek semua. Mungkin beberapa cowok juga jadi penyebabnya. Cowok-cowok yang nganggap bahwa cewek yang bilang suka duluan itu murahan. Atau cowok-cowok yang nganggap bahwa cewek yang nembak duluan itu nggak tahu malu. Untuk cowok-cowok yang berpikiran seperti itu, tolong ubah sudut pandang kalian. Cewek-cewek yang berani bilang suka duluan bukan cewek murahan, tapi cewek yang kagum sama kalian. Menyatakan perasaan suka itu berarti mengagumi secara jujur. Kenapa dianggap murahan?

Harusnya, kalian bangga kalo ada cewek yang mau ungkapin perasaannya ke kalian. Berarti, kalian bertemu dengan cewek yang nggak ribet. Mending punya pacar yang to the point atau yang dikit-dikit main kode? Kalo gue sih, mending punya pacar aja dulu. Urusan to the point atau enggak bisa diatur belakangan. Yang penting punya pacar. Gitu. Ya elah.

Satu hal lagi nih.
Kalo ada cewek yang bilang suka sama kalian, jangan dijauhin, apapun alasannya. Nggak mau pacaran sama cewek itu? Ya udah nggak apa-apa. Ungkapin perasaan suka nggak selalu ngajak pacaran. Bisa jadi suka karena nyaman kalo ngobrol, suka karena kalian pinter, ganteng, baik, atau kaya. Ya, kaya. Semunafik-munafiknya cewek, mereka tetep bisa bedain mana yang bisa ngejajanin dan mana yang nantinya cuma nyusahin.

Nggak. Gue nggak bilang cewek itu matre. Tapi emang bener kok. Pacaran itu butuh uang. Nggak mau keluar uang pas pacaran itu pelit, tapi terlalu sering keluar uang pas pacaran itu bego. Ya minimal kalo main, bisa beliin cewek minum. Semacam aqua galon atau apa lah gitu.

Tapi yang jelas, kalo ada cewek yang bilang suka duluan ke kalian, berarti kalian punya suatu kelebihan di mata cewek itu. Dan kalian jangan jadi bego buat jauhin ceweknya karena dianggap murahan, tapi berterima kasih karena udah mau ungkapin kejujuran. Nggak semua orang berani jujur lho. Bahkan, sebagian besar dari cowok aja suka nggak berani buat bilang suka duluan.

Intinya sih:

Cewek bilang suka duluan itu simpel.
Cewek nggak berani bilang itu wajar.
Cowok nggak berani bilang itu malu.
Cowok bilang suka duluan itu modus.

Iya, #MODUS!

Tayang di bioskop seluruh Indonesia tanggal 4 Mei 2016.

Pemainnya para YouTubers! Andovi dan Jovial (SkinnyIndonesia24), Reza Oktovian, Kemal Palevi, Marlo Ernesto (Indovidgram), Rayi Putra (personil RAN), Tomy Lim (Tim2one), Melayu Nicole dan Tya Magdalena (Paopao LDP). Buat temen-temen di Bandung jangan lupa nonton. Kita ketemuan di Braga! Kebetulan gue jadi calo tiketnya di sana.

Teaser-nya bisa ditonton di: https://youtu.be/KJHgUnCKxEM

Sumpah gue suka sama OST film ini yang Ganteng-ganteng Swag by Young Lex.

0 comments

Post a Comment