Monday 18 April 2016

Tips Digital Marketing

Seperti yang gue tulis di postingan sebelumnya, belakangan ini gue lagi ada project digital marketing development sama salah satu cafe. Singkatnya, tugas gue adalah ngembangin pemasaran cafe tersebut di media online. Nah, sesuai janji gue di Twitter, sekarang gue mau share sedikit seputar digital marketing. Barangkali bisa membantu temen-temen yang mau nyoba jualan di media online.

Gue di paling depan, sebelah kanan, pake jaket Adidas. Nyeruput mie!

Menurut gue, kunci dari digital marketing itu ada tiga:

1. SEO (search engine optimization)
2. Social Media Strategy
3. Content is King

Mari kita bahas satu per satu.

Dimulai dari yang pertama, SEO (bahasa mudahnya: optimalisasi di mesin pencari), adalah suatu metode yang digunakan untuk memudahkan konten kita ditemukan di mesin pencari. Logikanya, semakin mudah kita ditemukan, maka semakin besar peluang kita untuk menjual. Coba kamu bayangin ada dua penjual balon yang jualan di lingkungan SD. Tapi yang satu jualan tepat di depan gerbang, yang satu lagi jualan di belakang gedung sekolah. Dari segi tempat, udah jelas yang jualan di depan gerbang punya peluang laku lebih besar karena "mudah ditemukan" oleh anak-anak sekolah. Sampe sini udah ngerti?

Nah, kalo di dunia digital marketing, mesin pencari itu adalah tempat kita jualan. Semakin kita menonjol di mesin pencari, maka semakin besar kesempatan kita mendapatkan pembeli. Ibaratnya kalo konten kamu ada di urutan pertama di mesin pencari, berarti kamu berhasil jualan di depan gerbang. Kalo kamu main di Instagram atau Twitter, coba deh perhatiin cara kerja kolom pencariannya. Kedua social media ini punya alogaritma (cara kerja) yang sama: relevan by username and hashtag.

Nggak percaya? Coba buka Instagram, terus ketik "kalung bandung" di kolom pencarian. Perhatiin akun-akun yang muncul di urutan pertama. Pasti akun-akun yang username-nya ada kata "kalung" atau poto dan video yang di caption-nya pake hashtag kalung. Di Twitter juga gitu. Kalo kamu ketik "kalung bandung" di kolom pencarian, yang muncul di urutan pertama adalah akun-akun yang pake username dengan kata "kalung" atau tweet-tweet yang ada kata "kalung" dan "bandung" yang paling relevan.

Pertanyaannya: "Gimana caranya supaya konten kamu ada di urutan pertama?" Kalo kamu mau perhatiin alogaritma kedua social media tersebut, kamu pasti ngerti caranya.

Nah, kalo kamu main di blog atau website, cara SEO-nya beda lagi karena mesin pencarinya adalah Google, Yahoo, dll. Kalo di blog atau website, faktor SEO jauh lebih banyak dan sedikit ribet. Mulai dari nama domain, judul artikel, isi artikel, meta tag, cara nyisipin gambar, sampe harus ngulik webmaster tools. Gue nggak bisa bahas semuanya di satu postingan ini karena bakalan panjang banget. Kalo mau belajar SEO blog dan website bisa cari-cari di Google atau gue bahas di lain waktu. Soalnya di sini gue mau share yang dasar-dasarnya dulu. Oke, next.

Sekarang kita bahas social media strategy (cara berkembang di media sosial). Kalo di SEO kita fokus ke "gimana caranya supaya kita mudah ditemukan" maka di sini kita fokus ke "gimana caranya supaya calon konsumen tertarik untuk membeli" jualan kita. Percuma dong konsumen bisa nemuin kita kalo mereka nggak tertarik untuk beli? Itu ibaratnya kayak kamu jualan balon di depan gerbang, tapi gerbang tol. Secara konsep kamu udah bener jualan di depan gerbang. Tapi secara strategi kamu salah karena gerbang tol bukan tempat yang cocok untuk jualan balon. Mana ada anak kecil nyari balon ke jalan tol?

Nah, di social media strategy, kita dituntut untuk bikin konsep yang kreatif supaya orang-orang mau beli apa yang kita jual. Coba bayangin si penjual balon pertama cuma jualan balon biasa satu warna, sedangkan penjual balon kedua jualan balon gas dengan variasi warna yang berbeda. Mana yang lebih laku? Meskipun mereka berdua sama-sama jualan di depan gerbang sekolah, balon gas dengan variasi warna akan lebih laku karena lebih berbeda dari yang biasa. Barang yang dijual pada dasarnya sama. Tapi jenisnya beda. Kontennya sama, tapi konsepnya beda. Itu yang harus kita punya.

Banyak banget online shop di Instagram yang cara jualannya mainstream. Mereka upload poto barang jualan, kemudian nulis keterangan di caption. Udah, gitu doang. Padahal masih ada cara lain yang bisa mereka lakuin supaya para konsumen mau beli apa yang mereka jual. Pengaruh social media itu besar, teman-teman. Yang jelas, kalo mau bertahan dan berkembang di social media, pinter-pinter bikin sesuatu yang narik perhatian konsumen. Bikin promo dan diskon? Percayalah, ada banyak cara lain yang lebih mudah.

Salah satu contoh strategi yang sering gue pake: bikin event. Promo dan diskon itu cenderung nurunin harga jual. Sedangkan event nggak selalu nurunin harga. Di sini letak perbedaannya. Bikin event apaan? Ya terserah, yang penting bikin orang-orang mau untuk ikut ke event tersebut. Gue sendiri sama cafe yang lagi ada project ini sering bikin event. Apa kami nurunin harga jual? Nggak juga. Tapi kami berhasil narik orang dari social media untuk jadi konsumen kami.

Ya apapun caranya, satu hal yang harus kamu pahami adalah sebagian besar konsumen kamu adalah followers. Jadi, gimana caranya supaya orang mau follow akun kamu dan terus mengikuti setiap update yang kamu posting di social media. Gimana caranya orang mau betah jadi followers kamu? Jadilah admin yang baik.

Gini deh, kalo kamu jadi konsumen, apa yang bikin kamu tertarik untuk beli barang yang dijual oleh online shop? Nah, itu cerminan gampangnya. Oke, last one.

Sekarang kita bahas content is king. Kenapa gue bilang content is king? Karena apa yang kita jual adalah kunci utama kenapa konsumen mau membelinya. Tukang balon gas dengan variasi warna itu jualan di depan gerbang sekolah. Begitu ada yang beli, baru dibawa jalan lima langkah udah pecah. Besok-besoknya orang jadi males buat beli balon gas itu lagi. Meskipun terlihat menarik, kalo mudah pecah kenapa harus dibeli?

Nah, kalo kamu jualan makanan, bikinlah makanan yang rasanya enak. Kalo kamu jualan sepatu, bikinlah sepatu yang kualitasnya bagus. Kalo kamu jualan pulsa, usahakan ngirim pulsanya nggak pending lama. Kalo kamu jualan kaos, usahakan warna kaos yang di Instagram nggak beda sama warna pas barangnya dikirim. Jangan nipu konsumen dengan aplikasi photo editor. Karena lama-lama orang bakal tahu kualitas barang yang kamu jual cuma bagus di Instagram doang.

Kayak gini lah, waktu PDKT gombal dan janji-janji manisnya selangit, begitu jadian baru pacaran tiga hari udah ketahuan selingkuh. Apaan. Mending jangan ngajak pacaran sekalian. Dasar tukang modus. Emang kampret tuh mantan gue. Oke maaf, yang ini gue curhat.

But yeah, intinya itu aja sih kalo mau jualan di social media. Pertama mudah dicari di mesin pencari, kedua punya strategi, ketiga kualitas yang dijual. Kalo ketiganya bener-bener bagus, besar kemungkinan jualan kamu juga bagus. Oh iya, maaf kalo gue cuma share pemahaman tanpa contoh. Soalnya ide itu mahal. Hahahaha. Tapi kan setidaknya gue udah ngasih tahu hal-hal dasar yang jadi kunci. Kalian tinggal cari sendiri kunci apa yang mau kalian pake. Kalo diibaratin kalian nanya alamat, gue ngasih tahu jalan utamanya. Nah, tugas kalian adalah nyari jalan pintas supaya lebih cepet nyampenya. Hehehe.

Pacar gue aja sekarang kerja di toko kaos dan tas di salah satu mall di Bandung, pernah minta ide supaya naikin penjualannya, nggak gue kasih. Kecuali kalo toko itu milik pacar gue sendiri. Karena masalahnya ide gue bakalan dipake gratisan sama bosnya si pacar. Kalo mau, ya ajak gue kerjasama dan bayar gue untuk ide yang gue kasih. Mana ada orang yang mau disuruh ngangkutin beras 10 truk tanpa dibayar atau minimal dikasih minum? Nah, orang yang kerja otot aja pengin dibayar, apalagi yang kerja otak.

Orang-orang yang selalu bikin karya dan ide pasti ngerti alasan ini. :))

And btw, gue selalu nerima diskusi di Twitter. Jadi kalo ada yang mau ditanyain, silakan mention @rakaprasetyaa dan gue akan jawab sebisa gue. Yow!

0 comments

Post a Comment