Friday 1 April 2016

Alternatif Nonton TV

Gue mau nanya, kalian pernah nonton film Pokemon nggak? Kalo pernah, berarti kita teman sepergaulan. Waktu kecil, gue suka banget sama Pokemon dan film-film kartun lainnya. Rutinitas gue di akhir pekan adalah selonjoran unyu di atas kasur mantengin TV dari pagi sampe siang hari.

Tapi ya, nggak nonton film ini juga sih.

Biasanya kalo kartun masih ada, gue nggak bakal mandi. Jangankan turun kasur buat mandi, sarapan aja dianterin ke kamar. Kalo acara di TV udah nayangin berita artis nikah-cerai atau kasus korupsi yang pelakunya masih itu-itu mulu, gue baru mandi lalu lanjut main Harvest Moon atau Crash Team Racing di PS 1. Sorenya, gue nonton TV lagi. Dulu, gue merasa jadi salah satu anak paling bahagia di dunia.

Tapi kebahagiaan itu direnggut oleh acara-acara TV yang mulai berganti. Lambat laun film kartun jadi berkurang dari segi kuantitas maupun kualitas. Udah jam tayangnya dipersingkat, durasi juga banyak dipotong sama iklan-iklan. Gue sedih. Lebih sedihnya lagi, tahun itu gue belum ngerti apa asiknya nonton sinetron. Eh tapi sampe sekarang juga masih belum ngerti sih.

Selain sinetron, ada juga beberapa acara lainnya yang bikin gue bengong pasang ekspresi 'oh-my-god-what-the-fvck-is-that?' selama nonton acaranya. Kayak misalnya acara uji nyali, atau acara wisata yang selalu berhubungan dengan misteri. Masalahnya, gue selalu merasa bahwa momen kesurupan itu adalah hasil rekayasa. Soalnya sepengamatan gue, kesurupan di film-film itu mainstream. Kenapa setiap kali kesurupan mahluk yang masuk selalu siluman hewan? Kenapa nggak siluman powerbank atau siluman charger iPhone gitu biar lebih mengikuti perkembangan zaman?

Selain itu, kenapa setiap kali kesurupan mahluk yang masuk selalu ngobrol pake bahasa Sunda dan Jawa? Padahal di masa penjajahan, mereka yang mati itu nggak cuma orang Indonesia. Banyak dari para penjajah yang juga mati di negara ini. Nggak menutup kemungkinan bahwa setan bule juga ada, kan? Lagian Indonesia itu kaya akan budaya dan bahasa. Sekali-kali kalo kesurupan pake bahasa Batak. Kan seremnya jadi lebih dapet. "Bah! Apa pula ini kalian datang ramai-ramai bawa kamera segala rupa? Kalian tak tahu siapa aku? Aku ini penguasa paling disegani di daerah sini! Aku datang jauh-jauh dari Medan untuk jadi setan preman! Kalian tak seram dengan aku? Tak takutkah? Bah!" Gitu.

Tapi alhamdulillah semua kesedihan gue bisa terhenti ketika muncul beberapa alternatif televisi. Yoi, seiring dengan berkembangnya teknologi, nyari hiburan berbentuk audio visual jadi lebih mudah dan menyenangkan. Sejauh ini gue baru nemu lima alternatif nonton TV. Kalo kalian punya yang lain, kabari gue ya!

***

1. Bioskop
Waktu SMP kebetulan sekolah gue deket sama Braga. Jalan kaki juga cuma beberapa menit. Ditambah lagi tahun itu harga tiket bioskop masih 10 ribu. Makanya gue sama pacar hampir dua minggu sekali nonton bioskop. Bawa uang 50 ribu tuh udah bisa nonton sama makan di foodcourt.

Nah, selain buat pacaran, biasanya bioskop juga dipilih oleh orang-orang yang udah bosen sama sinetron. Selain dari segi kualitas yang lebih berkelas, nonton di bioskop juga suka lebih tegang kalo genre horror. Soalnya nonton di layar yang gede banget, terus tempatnya juga gelap. Apalagi kalo jomblo. Di saat setannya muncul, nggak bisa meluk siapa-siapa. Udah tegang, sedih pula.

Sayangnya, nggak semua daerah punya bioskop. Masih banyak daerah-daerah yang belum ada bioskopnya. Alhasil film-film box office ini nggak bisa dinikmati oleh semua orang.

2. Instagram
Siapa yang nggak tahu Instagram? Sejak akhir tahun 2014 sampe pertengahan tahun 2015, social media yang satu ini jadi semakin booming di Indonesia, karena ada banyak video keren yang diupload oleh para creator kreatif setiap harinya.

Dari sekian banyak channel, salah satu channel favorit gue adalah Indovidgram. Di Indovidgram, kita bisa nonton beragam genre video. Mulai dari komedi, art, musik, kecantikan, olahraga, dunia binatang, kuliner, dan lain-lain. Kumplit parah, tjoy!

Kalian bisa follow Indovidgram di: instagram.com/indovidgram

Nggak cuma channel Indonesia, di Instagram juga ada banyal channel luar negeri. Tinggal klik tombol pencarian, terus ketik kategori video yang mau ditonton. Gue sendiri sebenernya lebih sering explore konten di pencarian daripada di timeline. Biasanya nonton video-video art atau video musik.

3. YouTube
Kalo kamu termasuk orang yang punya banyak kuota atau di rumah punya akses wifi sepuasnya, mungkin bakalan lebih seneng mantengin YouTube daripada TV. Ya, selain Instagram, sebenernya YouTube udah lebih populer sejak dulu. Selain itu, kategori video yang ada pun jauh lebih banyak. Bisa dibilang semacam search engine audio visual nomor satu di dunia.

Gue sendiri kalo buka-buka YouTube biasanya nonton video musik, review game, atau komedi. Salah satu channel komedi favorit gue adalah Annoying Orange. Kalo kamu ngerti bahasa Inggris, coba deh nonton. Gereget banget.

Kalo dibandingin sama Instagram yang durasinya cuma (maksimal) 15 detik, di YouTube kamu bisa nonton video yang durasinya bener-bener panjang. Bahkan beberapa film box office yang udah nggak tayang di bioskop ada di YouTube.

4. TV Satelit
Kalo kamu tipe orang yang kangen film kartun kayak gue, kayaknya mulai sekarang kamu harus pasang TV satelit di rumah. Apa itu TV satelit? Singkatnya, TV satelit itu channel TV internasional. Jadi, kamu bisa nonton acara-acara dunia. Ada berita, box office, infotainment, entertainment, dan yang jelas ada kartun. Film kartunnya juga beda sama kartun di TV lokal. Kalo di TV satelit, film kartun lebih banyak!

Selain dapet hiburan secara internasional, kamu juga bisa lebih up to date sama dunia. Ya daripada nyimak artis lokal yang kerjaannya nikah-cerai, atau kasus korupsi yang nggak pernah selesai-selesai, mending nyimak berita terbaru yang lagi hot news di luar negeri. Minimal kamu jadi bisa tahu trend apa aja yang sekarang lagi booming di dunia ini.

Nah, kalo kamu mau pasang TV satelit di rumah (khususnya kota Bandung), kebetulan gue punya rekomendasi. TV satelit Indovision dari MNC Sky Vision. Kenapa Indovision? Karena jaringannya yang stabil dan harganya yang terjangkau. Mulai dari 170 ribu sampe 270 ribu, kamu udah bisa nikmatin channel internasional seenak pantat (karena seenak jidat udah mainstream).

Kalo kamu tertarik pasang TV satelit, bisa langsung Whatsapp ke: 089696023039 (hanya jam kerja).

5. DVD
Khusus buat kamu-kamu yang hobinya nonton film box office (tapi nggak sempet ke bioskop), gue rasa DVD bisa jadi alternatif terakhir yang paling ampuh. Gue sendiri waktu kecil hobi banget nonton DVD. Kalo lagi bosen main game, biasanya gue suka nonton DVD. Cukup nyediain cemilan yang banyak dan bantal buat senderan, komputer pun jadi alat nonton seharian. Hehehe.

Nggak cuma film box office sih, koleksi DVD gue juga film-film anime atau kartun yang di TV nggak tamat-tamat. Iya, zaman Naruto belum shippuden dan Avatar The Legend of Aang masih chapter 2 yang diulang-ulang terus, gue udah nonton tamat di DVD.

***

Well, itulah beberapa alternatif nonton TV yang sampe sekarang masih sering gue pilih buat nyari hiburan audio visual. Kalo kalian gimana? Alternatifnya nonton apaan? Jangan bilang nontonin orang pacaran ya.

0 comments

Post a Comment