Wednesday 9 March 2016

Siklus Pacaran

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya di pertengahan tahun 2011, Tuhan mempertemukan gue dengan seorang gadis berzodiak gemini yang hidupnya kadang ngeselin, kadang nyenengin, kadang ngangenin, tapi lebih sering ngerepotin. Saking ngerepotinnya, hampir seminggu sekali gue berantem sama dia. Kayaknya kalo nggak berantem itu kayak ada yang kurang aja gitu. Padahal kalo berantem pun yang diributin cuma hal-hal sepele.

Selama empat tahun lebih barengan sama si akar kangkung ini, gue belajar banyak hal tentang cinta. Mulai dari manisnya kasmaran sampe pahitnya kehilangan, gue ngerasain itu selama pacaran sama dia. Sampe-sampe gue jadi mikir kalo yang namanya pacaran itu ada siklusnya, karena sederhananya cuma gitu-gitu aja. Ibaratnya kayak terjebak dalam sebuah kereta, tapi milih untuk nggak turun dan terus mengulangi perjalan yang sama. Kalo ada pembeda, palingan cuma pemandangan di sepanjang perjalannya aja.

Nyadar nggak sih? Setiap kali jatuh cinta dan memasuki zona pacaran, kita tuh terjebak di permainan yang selalu sama? PDKT, pacaran, bosen, berantem, putus, balikan. Kalo nyari yang baru? Ya sama aja. PDKT, pacaran, bosen, berantem, putus, move on. Udah. Gitu aja terus sampe nemu orang yang pas buat diajak ke pelaminan. Berdasarkan siklus tersebut, gue jadi menyimpulkan bahwa cinta itu sederhana. Cuma orang-orang yang jalaninnya aja sok sempurna. Makanya setiap kali pacaran selalu gagal di tengah jalan.

Well, buat kamu-kamu yang masih terjebak dalam permainan cinta, gue akan sharing siklus pacaran gue sama si udel kuda selama empat tahun terakhir ini, yang mungkin bisa jadi cerminan buat bahan pacaran kalian.

So, here goes!

***

1. Jatuh Cinta

Semua orang yang pacaran itu awalnya dari jatuh cinta. Entah jatuh cinta karena sikap, fisik, harta, otak, atau apapun itu, yang jelas semuanya berawal dari sini. Di tahap ini juga, kita akan mulai masuk ke zona PDKT.

Di pertengahan bulan Oktober tahun 2011, gue sama si biji asem baru mulai PDKT. Awalnya gue jatuh cinta sama dia karena sikapnya. Selain emang baik dan bisa dicontekin setiap ada ulangan, gue juga milih dia karena asik diajak ngobrol. Bagi gue, salah satu kriteria cewek yang cocok dipacarin itu yang nyambung diajak ngobrol. Terlepas dari ngobrolin hal penting atau ngobrolin hal-hal nggak jelas, asalkan bisa nyambung dan bikin lupa waktu, dia cocok dipacarin.

Saat PDKT, kebanyakan orang cenderung terobsesi dengan "pengin pacaran" dibanding mikirin masalah-masalah yang akan terjadi di masa depan. Karena di tahap ini, orang-orang lebih fokus ke sama-sama suka daripada sama-sama cocok. Ironisnya, kesukaan itu nggak selalu berarti kecocokan. Orang yang sama-sama suka Bengbeng aja masih harus pisah cuma gara-gara Bengbeng dingin dan Bengbeng biasa.

Masalahnya bukan apa yang lo suka dan apa yang dia suka harus sama, tapi apa yang lo suka dan apa yang dia suka harus bisa saling nerima. Karena meskipun berbeda selera, selama bisa menerimanya, pasti akan bisa terus bersama. Nah, di tahap ini, kalo kamu nggak mikirin kecocokan, maka pas nggak lama pacaran akan ada alasan putus, "Aku rasa kita udah nggak cocok lagi deh. Ngerasa nggak sih? Kita itu beda. Aku dan kamu kayak langit dan cacing tanah."

Tanah palalu.

Itu mah bukan masalah udah nggak cocok lagi, tapi emang dari awal salah sendiri, kenapa nggak nyari kecocokan supaya langgeng sampe di pelaminan nanti? Buat kamu-kamu yang sekarang ada di tahap jatuh cinta dan lagi PDKT, coba ubah mindset "sama-sama suka" dengan "sama-sama cocok" supaya nanti hubungannya nggak bengkok.

2. Kasmaran

Setelah PDKT kalian berjalan lancar seolah tanpa kendala, maka rasa jatuh cinta itu akan berubah jadi kasmaran. Momen ini akan dirasakan ketika awal-awal pacaran.

Gue sendiri pas pertama jadian sama si botol salep rasanya kayak abis dapet kupon umroh sekelurahan. Di tahap ini, kita bakal ngerasain yang namanya dunia serasa milik berdua. Ibarat sebotol coca-cola, gue sama dia itu kayak cola dan es batu yang saling melengkapi. Manusia lain cuma buih soda yang menghiasi tapi nggak berarti. Kejam? Begitulah yang namanya orang kasmaran.

Kalo pacarannya bisa bertahan selama beberapa bulan ke depan, biasanya orang-orang yang awalnya cuma kasmaran ini bisa jadi semakin absurd. Saat seseorang memasuki tahap ini, dia emang bisa ngelakuin hal-hal yang nggak diduga sebelumnya. Yang jelas sih, kasmaran itu merusak sistem kerja otak kiri. Dunia berasa indah deh pokoknya.

3. Mulai Bosen

Nah, ini tahap yang bahaya tapi bakal selalu ada. Seseneng-senengnya kamu sama pacar, pasti bakal ada bosennya juga. Sama kayak kerja. Seseru apapun kerjaan kamu, pasti bakal ada titik jenuhnya. Pertanyaan gue, kalo jenuh kerja, kalian milih udahan atau liburan? Ya pacaran juga gitu. Kalo bosen pilihannya cuma dua: putus atau cari hiburan.

Kalo gue sama si pohon cengkeh, biasanya dibikin bosen itu pas lama nggak ketemu. Iya, bosen ngobrol di chat doang, dan jenuh dihantui rindu yang butuh sebuah temu. Atau bisa juga, bosen karena nggak ada lagi bahan obrolan. Ini sering banget. Makanya di dua tahun terakhir, gue sama dia kalo chat sepentingnya doang, atau pas ada yang mau diobrolin. Kalo lagi nggak ada? Ya udah nggak kontakan. Ya daripada chat cuma nanya "Lagi apa?" dan "Udah makan belum?" doang kayak pacarannya anak SD.

Di tahap mulai bosen ini, sebagian orang milih putus karena mereka pikir ada orang lain yang lebih seru. Padahal kalo mereka mulai dari PDKT lagi, ngerasain kasmaran lagi, dan ujung-ujungnya mulai bosen lagi, mereka baru sadar kalo orang lain itu bukan lebih seru, melainkan cuma lebih baru. Lebih fresh. Sama lah kayak pas PDKT sama yang pertama. Dia juga berkesan baru kan di awal-awal kenal? Jadi kalo nemu orang lain, ya bakal kayak gini-gini juga akhirnya.

4. Putus

Karena udah nggak kuat nahan rasa bosen, akhirnya kamu milih putus sama pacar. Bagi sebagian orang yang munafik nggak mau mengakui kalo dia udah bosen, dia bakal nyari alasan lain yang dia pikir lebih logis, padahal kalo dipikir-pikir malah bego. Misalnya kayak alasan udah nggak cocok tadi, atau alasan-alasan konyol lainnya. Tapi apapun alasannya, minumnya teh botol sosro.

Gue sama si penyu udah sering banget putus-balikan. Sampe akhirnya gue sadar, kenapa harus putus kalo masih sama-sama sayang? Kalo gue bisa ngeles dengan berbagai macam alasan, harusnya gue bisa inget gimana dulu kami kasmaran. Masa-masa di mana dia bikin salah tapi selalu ada kata maaf, masa-masa di mana dia lupa tapi selalu ada sikap maklum, masa-masa di mana dia beda pendapat tapi selalu bisa nerima, masa-masa di mana logika nggak kepake karena fokus sama cinta.

Mungkin kita bukan udah nggak cocok atau nggak bisa sama-sama lagi, tapi kita cuma lupa caranya ngurangin ego kayak awal-awal jatuh hati. Yang perlu diingat adalah: perjuangan itu bukan selalu tentang maju dan menyerang, tapi juga tentang diam dan bertahan.

5. Balikan atau Move On

Tahap terakhir ini tergantung kalian. Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk pilih balikan atau mengambil langkah ke depan. Cuma kalo pas putusnya gara-gara hal sepele yang masih bisa diobrolin baik-baik, saran gue sih mending balikan. Soalnya udah jelas kenal sama sikap dan sifatnya, jadi bisa lebih saling ngertiin lagi buat ke depannya.

Katakanlah lo berantem sama nyokap, cuma gara-gara nyokap nggak bisa beliin baju baru. Apa lo mau kabur dari rumah cuma karena itu? Kalo iya mau kabur, apa mau nyari nyokap yang baru? Kan enggak gitu.

Sama kayak berantem sama pacar. Kalo ada masalah itu diatasi, bukan lari dan terus dihindari. Kalo setiap ada masalah selalu pilih putus dan nyari orang baru, nanti nikah mau tetep kayak gitu? Yang salah itu bukan cuma sikap dia, tapi salah kamu juga pas awal jatuh cinta. Kenapa pas PDKT nggak mikirin berbagai macam kemungkinan masalah yang bakal terjadi pas nanti pacaran?

***

Karena siklus pacaran itu berawal dari PDKT dan berakhir di Move On, maka setiap kali Move On bakal balik lagi ke PDKT.

Nggak capek emang gitu terus? Ckck.

0 comments

Post a Comment