Sunday 23 March 2014

Ketika Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Sebagian orang pernah jatuh cinta pada orang yang tidak mencintainya.


Seperti itulah jika digambarkan.

Cinta yang tidak terbalas kalo bahasa gaul nya adalah cinta bertepuk sebelah tangan. Jadi kita mencintai seseorang tapi dia nya nggak mencintai kita.

Gue juga pernah alamin hal itu, sering malah, bahkan hampir semua cewek yang gue deketin kayak gitu. Iya, kampret memang. Sekarang gue mau share pengalaman gue dalam kasus cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Kalo menurut gue, bertepuk sebelah tangan itu dibagi menjadi dua kategori: ada yang karena kita nya terlalu berharap, dan ada juga yang karena kita nya terlalu lama memendam rasa.

Itu sih teori gue aja, tapi gue rasa teori nya benar.

***

Nah, langsung aja kita mulai dari yang pertama..

1. Penantian

Gue pernah bertepuk sebelah tangan yang disebabkan oleh sebuah penantian. Itu waktu gue menanti kembali nya sang mantan. Begini ceritanya..

Dulu gue pernah punya seseorang yang gue sayang, dan yang gue tau, dia juga sayang sama gue. Kita berbagi banyak hal, mulai dari yang paling penting sampe yang nggak penting sekalipun, kita berbagi.

Selain itu, banyak juga hal yang kita lewatin bersama, seperti canda tawa, masalah masalah dalam pacaran, oh iya, waktu itu cukup banyak yang nggak suka kalo gue pacaran sama dia. Tapi kita tetep bersama.

Meskipun gaya pacaran yang kita pake adalah LDR, tapi gue tetep percaya kalo dia bisa jaga hubungan ini. Sebelumnya, gue juga pernah LDR-an sama mantan, tapi berakhir dengan kegagalan. Kali ini, gue pengen kegagalan itu nggak terulang lagi, gue pengen jadi pacar yang baik buat dia.

Dan nggak tau kenapa, waktu sama dia, semua yang kita lakuin terasa benar. Kalo ada yang komplen atau ngejelek-jelekin tentang kita, pasti kita lawan, kita bakal saling membela supaya tetep bersama.

Dimata gue, apapun yang dia lakuin terlihat benar, begitupun sebaliknya. Kita percaya bahwa kita tercipta untuk bersama.

Dan gue selalu beranggapan bahwa perkenalan waktu itu adalah rencana tuhan yang paling indah.

Satu waktu, kita pernah berbagi impian tentang ketemuan, kita ngomongin banyak rencana kalo nanti ketemu. Kita juga berbagi impian tentang masa depan, kita pernah punya mimpi kalo hubungan ini bakal berjalan lancar.

Dia bilang, "aku seneng punya pacar kayak kamu, aku juga bersyukur bisa milikin kamu"

Tapi itu dulu, waktu dia masih percaya sama mimpi nya. Sekarang dia udah bangun, dan waktu dia tidur lagi, dia punya mimpi baru...

Sama seseorang yang baru.

***

Sebelum dia pergi, dia pernah bilang gini:

"sebenernya aku punya komitmen nggak akan pacaran dulu sebelum Ujian Nasional. Tapi nggak tau kenapa waktu kamu nembak, aku terima"

Terus gue tanya, "kamu kepaksa nerima aku?" Dia jawab, "nggak kok, aku cuma mau bilang itu aja" Gue tanya lagi, "terus sekarang kamu mau balik lagi sama komitmen kamu?" Dia jawab, "nggak, aku mau nya tetep sama kamu" Sambil nangis di telfon.

Waktu itu, yang ada dikepala gue adalah, "kenapa gue harus kenal dia sebelum UN? Kenapa nggak seudah UN aja, biar dia nggak punya komitmen kayak gitu, jadi nggak ada ganjelan" jatuh cinta pada orang yang tepat diwaktu yang salah, gue benci itu.

Tapi setelah obrolan ditelfon tadi, hubungan kita nggak apa apa, nggak ada masalah yang harus dibesar besarkan, seolah-olah obrolan tadi nggak pernah ada. Nggak lama kemudian, dia ngirim sms.

"Maaf ya soal yang tadi, aku nggak maksud buat bikin kamu punya fikiran yang aneh aneh, ka" gue bales, "nggak apa apa kok, justru makasih banget udah mau jujur" karena buat gue, walaupun kenyataan nya memang nggak enak, tapi minimal gue jadi tau kalo ada yang ngeganjel dalem hatinya.

Dan karena gue pernah bilang, "aku bakal nerima kamu apa adanya" termasuk semua masalah tentang hubungan ini.

Awalnya, semua masih berjalan seperti biasa, sampai pada satu waktu dia pergi dan gue fikir nggak akan kembali.

Karena setelah kita putus, kita nggak pernah kontekan lagi, semua hal yang biasa kita lakuin bareng pun mulai menghilang secara perlahan, gue juga mulai berlajar untuk membiasakan diri tanpa dia.

Meskipun kita nggak kontekan lagi, terkadang gue suka ngestalk dia di twitter, gue masih belum bisa lupain dia, gue masih selalu pengen tau kabarnya, buat mastiin kalo dia baik baik aja disana.

Nggak lama kemudian, gue denger dia lagi deket sama seseorang, disitu gue mulai berhenti ngestalk dia, gue mulai mencoba untuk lupain dia. Dan waktu gue lagi berusaha buat lupain dia...

Ternyata dia balik lagi, dia ngechat gue dan minta pin. Gue seneng, akhirnya penantian gue selama ini yang berharap dia akan kembali udah terwujud. Meskipun nggak sesuai dengan apa yang gue bayangin.

Waktu chat di bbm, gue bilang, "aku kangen kamu" Dia jawab, "yang lalu biarin berlalu, jalanin aja yang sekarang" gue tanya, "maksudnya?" Dia jawab lagi, "kamu udah punya pacar kan? Yaudah, nggak usah bahas masa lalu kita" gue bilang, "nggak, gue kosong" dan dia jawab:


Sejak saat itu gue jadi tau bahwa selain untuk mengungkapkan ekspresi, emoticon juga diciptakan untuk membohongi diri sendiri.

Tadinya gue mau jawab, "yaudah, semoga bisa bahagia sama yang baru" tapi nggak jadi. Gue nggak mau bikin dia tambah pusing sama omongan gue, alhasil gue bales nya jadi pura pura bahagia. Sekalipun gue bales chat nya pake emoticon senyum, percayalah bahwa itu senyum kemunafikan.

Dan semua penantian gue selama ini nggak ada artinya.

Sialan.

***

Lanjut ke cerita berikutnya..

2. Penyesalan

Selain bertepuk sebelah tangan dari sebuah penantian, gue juga pernah bertepuk sebelah tangan dari sebuah kesalahan.

Ini waktu gue SMP.

Sebagian orang pernah jatuh cinta pada teman satu sekolah, tapi nggak berani untuk mengungkapkan nya.

Gue juga gitu, waktu suka sama temen satu sekolah dan gue nggak pernah berani buat nembak dia.

Bahkan yang lebih parahnya lagi, gue nggak pernah berani buat nyapa dia kalo kita ketemu di kantin. Jadi kita cuma deket di sms aja.

Padahal gue sama dia itu udah kaya sahabat curhat, kita sering berbagi cerita tentang masalah dirumah, disekolah, dan beberapa persoalan tentang pacaran, sama pacar masing masing tapi.

Gue pernah punya niat ngeberaniin diri buat nembak dia, gue harus bisa ungkapin semuanya.

Akhirnya, satu waktu gue tembak dia, sepulang sekolah kita ketemuan dibawah tangga, depan kelas dia. Gue nunggu, dan dia bilang, "jawaban nya nanti aja ya dirumah" oke, gue pun pulang.

Begitu nyampe dirumah, dia nepatin omongan nya, dia ngasih jawaban. Dan jawabanya adalah, "kita temenan aja ya?" Gue suka sama dia dari kelas satu, dan nembak nya pas kelas tiga. Itupun ditolak.

Pas dapet jawaban itu yang gue lakuin adalah bercermin sepanjang hari dengan mata mengeluarkan darah, sambil terus bertanya tanya, "Kenapa? Kenaaappaa?!" Kemudian kacanya pecah. Gue ngaca lama banget sampe kacanya aja bosen sama gue.

Waktu gue ngaca dengan pose galau, bayangan di kacanya lagi garuk garuk tanah.

Kaca pun males ngeliat gue.

***

Meskipun kita nggak jadi pacaran, kita tetep temenan kayak dulu. Iya meskipun gue pengen nya lebih dari itu sih.

Setelah beberapa waktu sejak gue ditolak, dia baru ngasih tau alasannya, dia bilang, "alasan aku nolak kamu itu karena kamu nggak pernah berani ngajak aku ngobrol kalo kita berpapasan disekolah" Dan dia nggak mau kalo nanti kita pacaran, gue nya kayak gitu.

Dia juga bilang, "terus kamu nya telat, ada orang lain yang nembak aku, waktu aku fikir fikir, aku lebih milih dia. Iya karena alasan yang tadi itu" ternyata gue kalah cepat sama orang itu. Ditambah lagi gue juga kalah saing. Itu sakitnya jadi dua kali.

Kampret banget.

***

Dari kedua pengalaman bertepuk sebelah tangan ini, gue dapet kesimpulan bahwa masalah yang gue alamin itu sama, masalah nya adalah waktu.

Dulu gue nggak tau, kenapa gue harus jatuh cinta diwaktu yang salah? Sekarang gue tau jawabanya, itu karena tuhan pengen buktiin bahwa, "semua orang diciptakan untuk saling mencintai" jadi kita tinggal milih mau jatuh cinta pada siapa, dan kapan waktu nya.

Walaupun kedua pengalaman gue ini tedengar pahit, tapi dari sini gue jadi tau satu hal:

"Terkadang ada orang yang datang diwaktu yang tepat, dan ada juga yang nggak akan datang karena waktu nya udah terlambat."

Kalo yang itu biasanya timbul akibat rasa cinta pada seseorang yang nggak pernah diungkapkan, dan berujung penyesalan.

Maka nya, kalo cinta sama seseorang, mending ungkapin dari sekarang, daripada nyesel di lain hari. Hehehe.

Jadi, kalo menurut gue, faktor penyebab seseorang mengalami cinta bertepuk sebelah tangan itu ada dua.

1. Karena terlalu berharap dan terlalu banyak menanti.

2. Karena terlalu lama memendam rasa.

Kalo ada yang nanya, "kok tumbenan si raka posting tentang tulisan yang bener bener galau?" Jawabanya: karena gue tau berbagi itu indah. Meskipun yang dibagi nya adalah pengalaman kampret kayak gini.

Hahahahaha.

***

Eh, gue juga punya tips nih, kalo kalian bertepuk sebelah tangan, cara move on paling kampret nya bukan dengan melupakan, tapi dengan cara menghargai keputusan sekaligus mengikhlaskan kepergian nya. Jadi satu paket gitu.

Hmm..

Ini cerita gue, mana cerita lo?

Kalo kalian punya pengalaman bertepuk sebelah tangan yang kampret banget, dan mau di share di blog yang suram ini, bisa kirim tulisan nya via email ke:

sebeleun@gmail.com

Nanti gue posting disini lengkap dengan nama, foto, dan username twitter lo (kalo mau), siapa tau bisa bermanfaat buat pembaca yang lainnya.

So? Just write it now. ;)

0 comments

Post a Comment